PLN Raih 11 Penghargaan di Subroto Award 2024, Dominasi Sektor Energi

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) Group berhasil meraih 11 penghargaan dalam Subroto Award 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta pada Kamis (10/10).

Penyerahan penghargaan Subroto Award 2024 oleh Kementerian ESDM kepada 68 badan usaha dan kantor pemerintahan yang berkontribusi dalam sektor energi dan sumber daya mineral pada Kamis (10/10).


Capaian ini menjadikan PLN sebagai perusahaan dengan jumlah penghargaan terbanyak, mengungguli sejumlah BUMN dan badan usaha lainnya.

Subroto Award adalah penghargaan tertinggi di sektor energi dan sumber daya mineral yang diberikan kepada para pemangku kepentingan yang dinilai memiliki kontribusi terbaik dalam memajukan sektor tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya sektor energi dan sumber daya mineral bagi perekonomian nasional. "Nilai tambah di sektor ESDM harus bisa diwujudkan di dalam negeri," ujar Jokowi.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa Subroto Award 2024 merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi seluruh pihak dalam mencapai target yang ditetapkan pemerintah.

"Terima kasih kepada semua pihak, baik BUMN maupun swasta, yang telah mendukung program pemerintah," ungkap Bahlil. Ia juga menekankan pentingnya melanjutkan program transisi energi yang telah dicanangkan.

PLTA Cirata di Kabupaten Purwakarta dan Bandung Barat, Jawa Barat yang dikelola PLN Nusantara Power menjadi salah satu pembangkit yang memenangkan penghargaan Subroto Award 2024 Kategori Kontribusi Pengurangan Emisi.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan rasa syukur atas penghargaan yang diterima perusahaan. Menurutnya, penghargaan ini akan memotivasi PLN untuk terus berinovasi dan menjalankan bisnis yang ramah lingkungan.


"Penghargaan ini menunjukkan bahwa tugas PLN tidak hanya menyalurkan listrik, tetapi juga menjaga kelestarian bumi," kata Darmawan.

Darmawan menegaskan bahwa PLN terus berkomitmen menjalankan prinsip keberlanjutan melalui transisi energi, pengembangan energi alternatif, dan efisiensi energi.

"Kami akan memastikan operasional bisnis kami selalu mengedepankan keberlanjutan sebagai bagian dari komitmen PLN dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di setiap lini bisnis," tambahnya.

PLN Group meraih penghargaan di berbagai kategori, antara lain:

  1. Keselamatan Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan yang diraih oleh PLTU Jawa 7, PLTGU Muara Karang, PLTP Kamojang Unit 1-2-3, PLTA Sutami, dan PLTA Saguling.
  2. Kontribusi Kepada Masyarakat yang dimenangkan oleh PLN Pusharlis.
  3. Pengurangan Emisi yang diraih oleh PLN NP - UP Paiton, PLN IP - UBP Banten III Lontar, PLN IP - UBP Grati, PLN IP - UBP Pelabuhan Ratu, dan PLN NP - UP Cirata.


Darmawan menutup dengan menegaskan bahwa penghargaan ini akan memacu semangat PLN untuk terus berkontribusi bagi negara melalui sektor energi.

LihatTutupKomentar