PLN Hadirkan Cahaya Harapan untuk 3.725 Keluarga dalam Program Light Up The Dream

SUARAJATIM - Merayakan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79, PT PLN (Persero) memberikan cahaya baru bagi ribuan keluarga kurang mampu melalui program "Light Up The Dream". Pada Rabu, 23 Oktober, PLN menyambungkan listrik gratis bagi 3.725 keluarga di seluruh Indonesia, sebuah inisiatif yang telah membantu 28.488 keluarga sejak pertama kali diluncurkan pada 2020.

Nelci Tana Tabun (ketiga dari kiri), warga Kelurahan Belo, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tampak sangat bahagia setelah mendapat bantuan pasang baru listrik gratis dari program Light Up The Dream. Penyalaan listrik secara simbolis ini dilakukan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, F. Eko Sulistyono (kedua dari kanan) dan Camat Maulafa, Matheus A.B. Heru Da Costa (kedua dari kiri) pada (23/10).


Program ini menjadi wujud nyata kepedulian para pegawai PLN yang menyisihkan donasi mereka untuk memberikan listrik yang berkeadilan bagi masyarakat kurang mampu.

Cahaya Baru untuk Masyarakat Prasejahtera

Siti Aminah, seorang ibu dari Bekasi, Jawa Barat, adalah salah satu penerima manfaat yang kini bisa menikmati listrik secara mandiri. Sebelumnya, ia hanya bisa mengandalkan sambungan listrik dari tetangga. Namun kini, dengan bantuan dari program ini, ia dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih leluasa, termasuk mendukung kebutuhan belajar anak-anaknya.

“Alhamdulillah sekarang sudah punya kWh meter sendiri, jadi lebih aman dan bebas memanfaatkan listrik untuk berbagai aktivitas, terutama untuk belajar anak-anak,” ujarnya penuh syukur.

Di ujung Indonesia, Ahmadi dari Desa Paya Ue, Aceh, juga merasakan dampak positif dari program ini. Sebagai warga yang sebelumnya hanya bisa menggunakan lilin untuk penerangan malam hari, kini rumahnya lebih terang dengan listrik yang disediakan oleh PLN. Ahmadi berterima kasih atas bantuan ini dan berharap PLN terus maju serta sukses.

Dukungan dari Pemerintah Daerah
Program ini mendapat dukungan dari berbagai pemangku kepentingan lokal. Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, turut hadir dan memberikan apresiasi kepada PLN. “Program Light Up The Dream ini adalah bentuk komitmen nyata PLN yang terus mendukung dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Aceh,” ungkapnya.
Siti Aminah, warga Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, tampak menyiapkan minuman yang Ia jual di depan rumahnya. Setelah menerima bantuan sambung listrik gratis dari program Light Up The Dream, kini dirinya tidak perlu lagi menyambung listrik dari tetangga dan semakin bersemangat untuk berjualan serta beraktivitas bersama keluarga di rumahnya.

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Nelci Tana Tabun, seorang kepala rumah tangga yang juga mengelola kios kecil, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan listrik yang baru diterimanya. Nelci berharap adanya listrik akan meningkatkan ekonomi keluarganya dan berencana untuk menambah peralatan seperti freezer untuk membuat es batu yang bisa dijual di kiosnya.

Pj Wali Kota Kupang, Linus Lusi, menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dukungan bagi program PLN ini dengan melengkapi infrastruktur di area yang baru mendapat sambungan listrik. “Pemerintah Kota Kupang berterima kasih atas kepekaan sosial yang ditunjukkan oleh pegawai PLN. Ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat kami,” ujar Linus.

Mewujudkan Energi yang Berkeadilan
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan bahwa jumlah penerima manfaat dari program Light Up The Dream telah meningkat setiap tahunnya. Pada 2024 ini, sebanyak 11.390 keluarga menerima sambungan listrik gratis yang didanai oleh para pegawai PLN. Darmawan berharap bahwa listrik yang dihadirkan melalui program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka peluang ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Lija Dg. Tasa, warga Kelurahan Karunrung, Kota Makassar, mengaku bersyukur atas bantuan pasang baru listrik gratis yang dihadirkan oleh PLN untuk dirinya. Sebelumnya Lija belum berkesempatan menikmati aliran listrik dan hanya menggunakan lilin di malam hari. Ia juga menggantungkan kehidupan sehari-hari dari bantuan tetangga.

"Program ini bukan hanya memberikan akses listrik, tetapi juga menciptakan dampak sosial yang nyata. Listrik adalah energi yang berkeadilan dan akan menjadi pendorong ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Darmawan.

Melalui Light Up The Dream, PLN tidak hanya menghadirkan listrik, tetapi juga harapan baru bagi ribuan keluarga di seluruh Indonesia, memberi mereka kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup dan meraih masa depan yang lebih baik.

LihatTutupKomentar