Jasa Raharja Dorong Keselamatan Jalan di Mukernas Organda III 2024

SUARAJATIM - Dalam pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organisasi Angkutan Darat (Organda) III Periode 2021-2026 yang berlangsung di Alila Hotel, Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (8/10/2024), Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, memaparkan berbagai langkah strategis yang telah diambil Jasa Raharja bersama para mitra kerja dalam mendorong keselamatan lalu lintas di Indonesia.


Salah satu pencapaian penting yang disampaikan Rivan adalah keselarasan data kecelakaan lalu lintas nasional dengan Korlantas Polri, yang kini telah mencapai 100 persen. Keberhasilan ini, menurutnya, merupakan hasil kerja sama yang kuat antara kedua pihak, yang berdampak positif pada penurunan angka kecelakaan secara nasional.

“Maknanya bukan hanya soal santunan, tapi menjaga masyarakat tetap selamat adalah yang utama. Oleh karena itu, kami aktif dalam berbagai kegiatan preemtif dan preventif terkait keselamatan,” ujarnya.

Rivan juga menyoroti kecepatan pelayanan Jasa Raharja yang semakin efisien, berkat integrasi ekosistem data melalui IRSMS Korlantas Polri dan platform Doors.

Dirinya menekankan bahwa para korban kecelakaan kini tidak perlu lagi datang ke kantor Jasa Raharja untuk mengurus klaim, melainkan cukup melalui rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Jasa Raharja. Semua prosedur dilengkapi dengan Laporan Polisi secara online, sehingga prosesnya lebih cepat dan mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan hingga 28 persen.

“Standar pelayanan di rumah sakit telah kami susun dengan baik, sehingga pelayanan terhadap korban kecelakaan lebih cepat dan tepat,” tambah Rivan.

Mukernas Organda yang berlangsung hingga 10 Oktober 2024 ini mengusung tema “Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju”. Tiga fokus utama yang dibahas dalam agenda ini adalah kepedulian terhadap kendaraan, ketersediaan BBM, serta inovasi pelayanan bagi penumpang dan barang.

Rivan berharap semangat keselamatan jalan yang digaungkan dalam Mukernas ini akan terus ditingkatkan dan dapat membawa manfaat bagi semua pihak.

"Semoga kerja sama ini semakin erat dan memberikan informasi penting untuk menjaga keselamatan jalan di Indonesia," pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Organda Adrianto Djokosoetono, Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol. Risyapudin Nursin, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, PJS Walikota Solo Dhoni Widianto, Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Sonny Irawan, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.

LihatTutupKomentar