WINGS Peduli Ajak Berbagai Pihak Ikutan Aksi Bersih Sungai Wonorejo, 180 Kilo Sampah Berhasil Diangkut

  • Yayasan WINGS Peduli bersama komunitas Waste4Change mengadakan bersih-bersih Sungai Wonorejo di Pantai Mangrove Wonorejo.


Surabaya, Suarajatim.com - Yayasan WINGS Peduli turut merayakan Hari Bersih Sungai Sedunia dengan menggelar Aksi Bersih Sungai Wonorejo di Pantai Mangrove Wonorejo. 

Puluhan sukarelawan dari berbagai bidang tak segan terjun langsung menyisiri sungai untuk memungut sampah, menanam pohon bakau, hingga mendaur ulang sampah yang terkumpul.


Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Yayasan WINGS Peduli dengan Waste4Change, komunitas lokal yang fokus pada pembangunan ekosistem pengelolaan sampah.


Dedik Irianto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap program ini dapat mengurangi tumpukan sampah di Pantai Wonorejo serta membangun kebiasaan dan kesadaran di kalangan masyarakat untuk melestarikan alam dan menjaga kebersihan sekitar.


"Kami menyambut baik inisiatif Yayasan WINGS Peduli untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pantai Wonorejo dengan melibatkan masyarakat lokal, termasuk Bank Sampah binaan mereka di Surabaya,” kata Dedik.


Pantai Wonorejo sendiri memang tengah menghadapi ancaman serius dari sampah plastik dan abrasi hutan mangrove di sekitarnya. Sampah yang dibuang sembarangan, hanyut hingga ke muara sungai dan laut, sehingga menghambat pertumbuhan ekosistem Mangrove Wonorejo. Padahal, kawasan ini esensial bagi sistem perairan di Jawa Timur karena terhubung ke Selat Madura serta masuk ke dalam kawasan konservasi.


Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan, Yayasan WINGS Peduli dan Waste4Change terlebih dulu mengedukasi relawan mengenai pentingnya menjaga kelestarian Pantai Wonorejo. Sekaligus mensosialisasikan program #PilahDariSekarang, kampanye pengelolaan sampah berbasis rumah tangga yang telah berjalan sejak 2023.


Setelah itu, relawan dan fasilitator membersihkan kurang lebih 1 hektar wilayah pantai mangrove Wonorejo. Sebanyak 184,8 kg sampah berhasil dikumpulkan, yang didominasi oleh sampah non-organik dan residu.

Sampah kemudian dipilah dengan detil, lalu dikelola lebih lanjut oleh mitra Waste4Change menjadi material baru yang lebih bernilai, termasuk kepada perusahaan daur ulang plastik dan kertas untuk digunakan kembali. 


Sebagai upaya untuk memelihara kelestarian dari ekosistem bakaunya, Yayasan WINGS Peduli bersama relawan juga menanam 100 unit pohon Mangrove di area tersebut.


Untuk memperluas dampak positif dari perubahan perilaku melestarikan lingkungan, Yayasan WINGS Peduli turut melibatkan relawan dari berbagai organisasi. Mereka adalah 50 relawan yang memiliki hubungan langsung dengan sungai Wonorejo, yakni Bank Sampah ‘Bersih Indah Asri’ (BIA) yang berdomisili di Surabaya, sebagai komunitas binaan Yayasan WINGS Peduli, World Cleanup Day Jawa Timur, dan karyawan WINGS Group di Surabaya. 

“Melalui kolaborasi bersama Waste4Change, kami harap dapat menghadirkan solusi yang inovatif dan praktis dalam pengelolaan sampah. Kami percaya bahwa upaya ini tidak hanya akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan sosial komunitas,” kata Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli.


Semua upaya yang dilakukan Yayasan WINGS Peduli sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu "The Good Things in Life Should be Accessible for All".

LihatTutupKomentar