Tingkatkan Kepatuhan Pajak dan Keselamatan, Samsat Nganjuk Gelar Operasi Gabungan

SUARAJATIM - Dalam upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap pajak kendaraan bermotor dan keselamatan berlalu lintas, Samsat Nganjuk menggelar operasi gabungan di ruas jalan Sentono Pace (19/9).


Operasi ini melibatkan Tim Pembina Samsat Nganjuk yang terdiri dari Bapenda UPT PPD Nganjuk, Jasa Raharja, serta jajaran Polres Nganjuk.

Operasi ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk meningkatkan tertib administrasi kendaraan bermotor, meningkatkan Collection Rate SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pembayaran pajak kendaraan bermotor tepat waktu serta keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh KBO Lantas Polres Nganjuk, Iptu Herry, SH. Setelah apel, petugas langsung turun ke jalan untuk melakukan pengecekan STNK, pajak, dan SIM.

"Masih banyak pemilik kendaraan, terutama roda dua, yang belum tertib administrasi, terutama terkait pajak kendaraan yang sudah habis masa berlakunya," kata Iptu Herry, SH. Dalam operasi tersebut, 20 pemilik kendaraan langsung melakukan pembayaran di tempat yang telah disediakan.

Bagi pengendara yang belum mampu membayar pajak di lokasi, petugas memberikan tindakan berupa pernyataan tertulis atau imbauan untuk segera melunasi kewajiban pajak mereka.

Penanggung jawab Jasa Raharja Samsat Nganjuk, Rio Sugara Putra, SE, yang mewakili Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Kediri, Nur Asnawi Azis, SE, menyampaikan harapannya agar sinergi antara Kepolisian, Bapenda, dan Jasa Raharja dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu.

"Kami berharap kegiatan ini mampu mendorong masyarakat untuk lebih patuh terhadap kewajiban pajak kendaraan dan memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas," ujar Rio Sugara Putra.

LihatTutupKomentar