Michelin Hadirkan Ban Berteknologi MEMS Dalam Mining Expo 2024

 

Michelin



Otojatim-
Michelin, produsen ban terkemuka dunia, turut meramaikan acara Jakarta International Mining Expo yang berlangsung pada 11 hingga 14 September 2024 di JIEXPO Kemayoran. Pada kesempatan ini, Michelin akan memamerkan teknologi inovatif MICHELIN® MEMS® 4 (Michelin Earthmover Management System) di booth mereka, Hall C3, sebagai bagian dari upaya memperkuat lini bisnis Service & Solution (SES) dan membantu menyempurnakan mobilitas, terutama di industri pertambangan.

 

MEMS® 4 adalah alat monitoring canggih yang dirancang untuk memantau kondisi ban dan penggunaannya. Teknologi ini membantu perusahaan tambang dalam meningkatkan keamanan, produktivitas, dan efisiensi operasional dengan meminimalisir downtime. Beberapa fitur MEMS 4 mencakup pengecekan tekanan dan suhu ban secara jarak jauh, serta notifikasi secara real-time untuk pencegahan insiden dan perlindungan personel.

 

Di area tambang dengan medan terjal dan tuntutan mobilitas yang berat, penggunaan MEMS 4 membawa berbagai keunggulan, seperti:

  •  Meningkatkan keamanan: Melalui pemantauan tekanan dan suhu dari jarak jauh, potensi insiden dapat dicegah sehingga personel lebih terlindungi
  •  Meningkatkan produktivitas: MEMS 4 membantu mengurangi downtime, memastikan kelancaran operasi, dan meminimalisir kebutuhan perawatan sewaktu-waktu.
  •  Menghemat biaya: Dengan memantau kondisi ban secara real-time, perusahaan dapat memperpanjang umur ban dan menghemat anggaran operasional.
  •  Meningkatkan ketersediaan truk: Sistem monitoring yang konsisten memudahkan tim untuk merespons permasalahan ban dengan lebih cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan alat berat di lapangan.


 

MEMS 4 merupakan solusi lanjutan dari versi sebelumnya, yakni MEMS LITE. Sebagai solusi entry-level yang hemat biaya, MEMS LITE dapat melakukan pemantauan tekanan dan suhu ban melalui pos yang dipasang secara permanen di area tambang tanpa perlu instalasi tambahan di truk operasional. Sementara itu, MEMS 4 hadir memberikan fungsionalitas yang lebih lengkap dan konektivitas yang memungkinkan pemantauan dari jarak jauh, melalui perangkat apapun. Pengguna MEMS LITE bisa dengan mudah melakukan upgrade ke solusi MEMS 4 untuk semakin merasakan perbedaannya.

 

Michelin merancang MEMS 4 secara khusus bagi operator dan kontraktor tambang yang menjunjung keselamatan, produktivitas, serta pengendalian biaya sebagai prioritas utama dalam operasional mereka. Di expo kali ini, Michelin juga akan menghadirkan produk ban unggulan mereka, XD Grip, serta tim ahli dari KLINGE, pemimpin internasional dalam sistem manajemen ban.

 

KLINGE adalah bagian dari Michelin Grup yang menginisiasi program Michelin Better Mining, dan menawarkan solusi untuk mengatasi masalah keamanan dan produktivitas di sektor pertambangan. Di booth Michelin, pengunjung dapat berdiskusi langsung dengan tim KLINGE ini terkait berbagai layanan dan solusi yang ditawarkan, seperti:

  •     Sistem monitoring ban: Total Tyre Control dan TyreARM, perangkat lunak audit risiko manajemen ban yang terbukti meningkatkan efisiensi operasional.
  •  Layanan pelatihan dan konsultasi: Termasuk pelatihan berstandar global dari Asosiasi Industri Ban (Tire Industry Association/TIA), audit keamanan, investigasi insiden, serta konsultasi langsung di lokasi tambang.


 

Booth Michelin dapat dikunjungi di Hall C3, JIEXPO Kemayoran, selama acara Jakarta International Mining Expo 2024. Kunjungi kami untuk mengenal lebih jauh solusi inovatif yang ditawarkan Michelin bagi industri pertambangan.

LihatTutupKomentar