Latgab Karuna Nisevanam Bersama BASARNAS Evaluasi Keselamatan Angkutan Penumpang dan Penyeberangan

SUARAJATIM - 29 Agustus 2024, Basarnas bersama ASDP Cabang Ketapang, Jasa Raharja, Polri, dan TNI-AL sukses menggelar latihan penanganan kecelakaan kapal penumpang di Selat Bali. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keselamatan Angkutan Penumpang di Banyuwangi.


Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menguji kesiapan dan koordinasi semua pihak terkait dalam menangani kecelakaan kapal penumpang. Latihan ini melibatkan simulasi berbagai skenario darurat, seperti pemadaman api di kapal, evakuasi penumpang, peluncuran sekoci, pencarian korban kecelakaan, serta pengamanan jalur evakuasi menuju fasilitas kesehatan.

Kepala Basarnas, Marsdya TNI Kusworo, menyatakan, "Latihan ini penting untuk memastikan bahwa seluruh stakeholder memahami peran masing-masing dan mengetahui aspek yang perlu ditingkatkan dalam penanganan kecelakaan kapal."

Kepala Kantor Pelayanan Jasa Raharja, Ferhat, menambahkan, "Semoga kegiatan ini dapat memperkuat sinergi antar instansi yang terlibat dalam layanan penyeberangan laut, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan dan kebakaran di laut."

Latihan gabungan ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan keselamatan transportasi penumpang dan penyeberangan laut. Dengan evaluasi yang mendalam dan kerjasama yang erat antar instansi, diharapkan sistem penanganan darurat akan semakin efektif dan responsif terhadap situasi darurat di perairan Indonesia.

LihatTutupKomentar