Enduro Skill Contest, Ajang Adu Kreativitas 11 Sekolah SMK Terbaik Se-Tanah Air

PL




Otojatim– Untuk pertama kalinya, Pertamina Lubricants mengumumkan penyelenggaraan Enduro Skill Contest Nasional, sebuah kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Pertamina Lubricants melalui brand pelumas Pertamina Enduro, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan semangat kewirausahaan di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bergerak di bidang otomotif. Kompetisi ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Creating Shared Value (CSV) yang dijalankan oleh Pertamina Lubricants untuk mendukung pengembangan pendidikan di bidang kewirausahaan dan mekanik di Indonesia.

Enduro Skill Contest melibatkan SMK binaan dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengikuti program Enduro Home Service, sebuah program Link & Match Industri yang melibatkan SMK dengan jurusan otomotif/perbengkelan roda dua di Indonesia dengan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa perbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Sebanyak 11 finalis dari SMK-SMK terbaik dipilih untuk bertarung di babak final yang diselenggarakan pada 11 September 2024 di Jakarta. SMK tersebut antara lain SMK Muhammadiyah 1 Padang, SMKN 2 Palembang, SMKN 1 Talaga, SMK Harapan Mulya Kendal, SMKN 3 Salatiga, SMK Muhammadiyah 1 Malang, SMKN Banjarmasin, SMKN 3 Makassar, SMK Tamtama Sidareja, SMK 1 Tanjung Priok, dan SMK Semen Gresik.

Para finalis ini telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam kompetisi Enduro Home Service, dari segi penjualan serta pelayanan selama periode 1 hingga 31 Agustus 2024.  Sebanyak 3.000 botol pelumas Pertamina Enduro dengan omzet total lebih dari Rp150 juta berhasil dijual oleh finalis, yang semakin menegaskan peran dan komitmen SMK dalam kompetisi ini.

Enduro Skill Contest ini menantang para SMK tersebut dalam dua kategori utama dan satu kategori tambahan: Duta Entrepreneur dan Mekanik Terbaik serta kategori Video Favorit. Babak final ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi penjualan langsung dan pemasaran terbaik untuk pelumas motor Pertamina, sekaligus mengasah keterampilan teknis para mekanik muda. Kategori Duta Entrepreneur menyoroti strategi penjualan dan pemasaran paling inovatif dan efektif yang diterapkan oleh SMK untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan pelumas. Sementara itu, kategori Mekanik Terbaik mengakui mekanik muda paling terampil, dengan kemampuan teknis motor yang  diuji dalam skenario nyata seperti pengapian mesin, fuel pump bahan bakar, injeksi, dan kelistrikan.

Sebelum malam penganugerahan, para peserta memiliki kesempatan unik untuk mempresentasikan strategi bisnis mereka dan menjalani sesi tanya jawab dengan para juri. Pemenang dari kedua kategori akan mendapatkan penghargaan, pelatihan lanjutan, serta hadiah menarik sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian mereka.

“Enduro Skill Contest adalah salah satu wujud komitmen kami dalam mendukung generasi muda untuk berkembang di dunia otomotif, baik dari sisi keterampilan teknis maupun kewirausahaan. Melalui kompetisi ini, kami berharap para siswa SMK dapat mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga profesional yang handal, inovatif, dan siap bersaing di industri. Pertamina Lubricants akan terus mendukung pendidikan vokasi, karena kami percaya bahwa investasi pada keterampilan anak bangsa adalah langkah penting untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Hardiyanto Tato, Corporate Secretary Pertamina Lubricants.

Kompetisi ini tidak hanya menekankan pada keterampilan teknis, tetapi juga pada kemampuan manajemen, inovasi, dan pelayanan kepada konsumen. Melalui kompetisi ini,  Pertamina Lubricants berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan generasi mekanik dan wirausaha muda yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja.

"Pertamina terus berkomitmen menjalankan tanggung jawab sosial berbasis Creating Shared Value (CSV) dan Pertamina Lubricants telah berhasil menerapkan konsep ini dan diakui oleh Kementerian BUMN. Melalui program CSV, Pertamina Lubricants tidak hanya mengatasi masalah sosial seperti keterbatasan lapangan kerja, akses pendidikan, dan peningkatan pendapatan masyarakat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan. Enduro Skill Contest Nasional hari ini bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi menjadi wadah bagi generasi muda yang kreatif dan inovatif untuk berkarya serta berkolaborasi dalam mendorong kemajuan bangsa bersama Pertamina," tegas Reno Fri Daryanto, Pjs. Manajer CSR PT Pertamina (Persero).

Melalui Enduro Skill Contest, Pertamina Lubricants berupaya untuk terus mendukung perkembangan siswa SMK di Indonesia dalam meningkatkan kemampuan teknis dan wirausaha, yang akan membantu mereka dalam membangun masa depan yang lebih cerah di industri otomotif.



LihatTutupKomentar