Edukasi Tentang SUTT/SUTET: PLN UIT JBM Jaga Keandalan Listrik dan Keselamatan Warga Sekitar

SUARAJATIM - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkomitmen menjaga suplai listrik yang andal bagi seluruh pelanggan di Jawa Timur. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pengawasan rutin oleh petugas, guna memastikan infrastruktur kelistrikan tetap aman dari gangguan yang bisa memengaruhi sistem transmisi.

Petugas PLN UIT JBM melakukan edukasi keselamatan kepada petani di bawah jaringan SUTET untuk menjaga keandalan listrik.


Edukasi mengenai keselamatan kelistrikan terus disampaikan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang beraktivitas di bawah jaringan transmisi.

"Pada libur panjang akhir pekan kemarin, petugas kami yang melakukan patroli lapangan menyampaikan edukasi keselamatan kepada para petani. Beberapa di antaranya menggunakan plastik mulsa dan tali aluminium foil sebagai alat pengusir hama burung di sawah yang berada di bawah jaringan SUTT/SUTET," jelas Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

Amiruddin menambahkan bahwa edukasi yang disampaikan dibuat sederhana agar mudah dipahami oleh masyarakat.

"Misalnya, di bawah SUTT 150 kV Cerme-Manyar, petani menggunakan aluminium foil untuk mengusir hama. Sebelumnya, plastik mulsa juga digunakan oleh petani bawang di jalur SUTT 150 kV Tuban-Kerek. Kami berusaha menyampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, mengapa benda-benda tersebut bisa mengganggu sistem transmisi, terutama saat cuaca ekstrem. Plastik mulsa atau aluminium foil yang terbawa angin bisa mengenai konduktor dan menyebabkan gangguan listrik," jelasnya.

Selain itu, PLN juga mengingatkan masyarakat, terutama anak-anak yang gemar bermain layang-layang, untuk tidak melakukannya di dekat jaringan transmisi, terlebih menggunakan benang berbahan kawat.

PLN tidak hanya melarang penggunaan benda-benda yang dapat mengganggu suplai listrik, tetapi juga memberikan solusi alternatif kepada masyarakat.

"Sebagai solusi, kami sarankan petani untuk memotong aluminium foil menjadi potongan-potongan kecil dan mengikatnya dengan kuat, atau menggunakan pengeras suara serta lampu untuk mengusir hama burung," tambah Amiruddin.

Patroli rutin ini tidak hanya untuk memastikan keamanan infrastruktur kelistrikan, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan ketenagalistrikan.

"Keselamatan kelistrikan adalah tanggung jawab bersama, dan kami berharap masyarakat yang telah mendapatkan edukasi dari PLN dapat meneruskannya kepada orang lain," tutup Amiruddin.

LihatTutupKomentar