Walk for Autism: Kolaborasi Wings Peduli yang Kikis Stigma Negatif Tentang Penyandang ASD

  • Demi meningkatkan kesadaran dan penerimaan masyarakat terhadap penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD), Yayasan WINGS Peduli ikut serta dalam acara Walk for Autism.


Jakarta, Suarajatim.com - Peningkatan jumlah ASD di Indonesia membutuhkan pengertian, dukungan, hingga sarana dan prasarana yang memadai dari masyarakat. Sayangnya masih banyak stigma negatif di masyarakat karena kurangnya pemahaman mengenai ASD. 

Untuk itu, Yayasan WINGS Peduli ikut ambil bagian dalam kegiatan Walk for Autism (WFA) Jakarta 2024 besutan Junior Chamber International (JCI) Chapter Nusantara, Femme dan Jakarta. Tujuannya untuk mendorong pemahaman, penerimaan, serta penyediaan kesempatan bagi penyandang ASD.


Kegiatan diawali dengan fun walk sejauh 2,4 km bersama penyandang autisme di Plaza Senayan, Jakarta Selatan (28/07).


"Salah satu dukungan paling sederhana bisa dengan menghindari kata "autis" sebagai penamaan atau bahan bercanda, karena hal tersebut dapat menyakiti hati pengidap autisme dan pendampingnya. Sebagai alternatif, gunakan istilah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau Autism Spectrum Disorder (ASD) untuk menyebutkan keadaan mereka," kata Anastasia Satriyo, M.Psi., Psikolog Anak & Remaja, pada live Instagram bertajuk “Memahami Individu dengan Autisme sebagai Orang Awam” sebagai rangkaian kegiatan WFA Jakarta 2024.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli mengatakan bahwa kunci meningkatkan kesadaran masyarakat adalah dengan membuka akses informasi.


“Anak-anak berkebutuhan khusus adalah bagian dari hidup kita, bisa jadi keluarga, teman, atau tetangga kita. Semoga Walk for Autism Jakarta 2024 ini dapat menggugah semua pihak untuk mau memahami dan mengakomodasi kebutuhan mereka,” ungkap Sheila.


Dalam kolaborasi ini, Yayasan WINGS Peduli menyumbangkan sejumlah dana untuk mendukung berjalannya kegiatan Walk for Autism Jakarta 2024. 

Walk for Autism Jakarta 2024 terbuka untuk umum. Selain fun walk, ada juga penampilan dari teman-teman ASD, booth bazaar, job fair, hingga business visit dan clinic visit. Tak ketinggalan webinar dan virtual talkshow yang dapat diikuti oleh semua masyarakat melalui Instagram @wfa.nusantara.


“Dukungan Yayasan WINGS Peduli dalam kegiatan ini telah membantu kami untuk mengajak masyarakat ikut serta mengulurkan tangan dan berjalan bersama teman-teman ASD melalui rangkaian kegiatan Walk for Autism. Harapannya, melalui keterlibatan berbagai pihak, stigma negatif mengenai ASD bisa terkikis,” tutup Sheila.

LihatTutupKomentar