Skema Pengamanan Berlapis dari PLN untuk Sukseskan Upacara HUT RI-79 di IKN

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) menggelar apel siaga kelistrikan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memastikan kelancaran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus.

Dalam mengamankan pasokan listrik selama penyelenggaraan upacara HUT Ke-79 RI, PLN menyiagakan sebanyak 450 personel dan 17 posko untuk menjaga keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi venue.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang memimpin apel siaga di lokasi tersebut, menegaskan kesiapan PLN dalam menyediakan listrik yang ramah lingkungan dan andal, serta kesiapan personel untuk mendukung acara penting tersebut.

"Sistem kelistrikan di IKN sudah siap, baik dari segi pasokan daya, transmisi, distribusi, hingga kesiapan seluruh personel. Untuk momen bersejarah ini, kami memberikan yang terbaik," kata Darmawan.

Untuk memastikan keandalan pasokan listrik, PLN menyiagakan 450 personel dan mendirikan 17 posko di sekitar lokasi acara. PLN juga menerapkan skema pengamanan listrik berlapis, meliputi dua penyulang dari Gas Insulated Switchgear (GIS) 4, GI Mobile, 35 Uninterruptible Power Supply (UPS), 28 genset darurat, dan 17 unit gardu bergerak (UGB).

"Persiapan sudah lengkap, mulai dari genset, UPS, unit bergerak, hingga personel yang bertugas di lapangan, semuanya siaga. Fasilitas SPKLU juga telah dicek dan siap beroperasi," tambahnya.

Darmawan juga menjelaskan bahwa PLN akan menggunakan listrik bersih dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN dengan kapasitas 10 Megawatt (MW). Kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI diproyeksikan meningkat dari 1,5 MW menjadi 3 MW, namun PLN masih memiliki cadangan sebesar 7 MW yang dapat disalurkan ke sistem interkoneksi Kalimantan.

"Kami menghadirkan sistem kelistrikan paling canggih di IKN dengan estetika tinggi. Sistem ini menggunakan teknologi mutakhir berbasis energi bersih dan kecerdasan buatan," jelas Darmawan.

Dengan pengalaman dalam mendukung berbagai acara penting, Darmawan optimistis upacara HUT RI ke-79 di IKN akan berjalan lancar dan sukses.

"Ini adalah awal dari visi besar kami untuk membangun sistem kelistrikan terbaik yang mendukung pembangunan di IKN dan Indonesia secara keseluruhan. Listrik dari PLN akan menjadi energi masa depan bangsa," pungkasnya.

LihatTutupKomentar