PLN UIT JBM Tingkatkan Keandalan Sistem Transmisi dengan Pelatihan Jointing Kabel Tegangan Tinggi

SUARAJATIM - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan, terutama dalam menjaga keandalan sistem transmisi listrik di wilayah Jawa Timur dan Bali. Hal ini menjadi semakin penting menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 pada bulan Agustus.

Pelatihan jointing kabel tegangan tinggi oleh PLN UIT JBM untuk meningkatkan keandalan sistem transmisi listrik di Jawa Timur dan Bali.


Dalam upaya meningkatkan keandalan sistem kelistrikan, PLN terus melakukan berbagai perbaikan dan evaluasi. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya adalah dengan mengadakan Workshop Jointing Kabel Tegangan Tinggi.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, menyatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang bertugas dalam pemeliharaan keandalan sistem transmisi.

"Workshop yang dilaksanakan pada 6 Agustus lalu difokuskan pada pelatihan jointing kabel tegangan tinggi. Dengan pelatihan ini, kami memastikan bahwa para pengelola Sistem Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) memiliki kemampuan yang memadai dalam melakukan pemeliharaan dan jointing pada kabel tegangan tinggi," ungkap Amiruddin.

Amiruddin juga menekankan bahwa peningkatan kompetensi SDM menjadi prioritas utama perusahaan untuk menjaga kualitas layanan.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM di UPT Surabaya dan Gardu Induk (GI) di seluruh Surabaya dan sekitarnya. Dalam proses penyaluran tenaga listrik, jointing kabel memegang peranan vital dalam menjaga kontinuitas aliran listrik, terutama untuk kabel tegangan tinggi. Kualitas jointing harus dipastikan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP)," jelas Amiruddin.

Lebih lanjut, Amiruddin menambahkan bahwa pelatihan ini juga bertujuan untuk memastikan keamanan dan integritas kabel sehingga mampu menahan tegangan dan tekanan tanpa mengalami kerusakan.

"PLN berkomitmen untuk memastikan keandalan sistem transmisi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama dalam persiapan berbagai kegiatan yang akan berlangsung bulan ini dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79. Dengan kemampuan jointing kabel yang optimal, kita dapat mencegah kebocoran arus listrik sehingga sistem transmisi tetap aman dan andal," tutup Amiruddin, menegaskan komitmen PLN dalam menjaga keandalan sistem transmisi selama rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan.

LihatTutupKomentar