PLN Siap Amankan Listrik di Ibu Kota Baru untuk HUT RI ke-79

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) telah berhasil memastikan keandalan pasokan listrik selama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dari Minggu (28/7) hingga Selasa (30/7). Kini, PLN tengah mempersiapkan dukungan untuk kelancaran upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN dengan pasokan listrik yang andal dan pengamanan berlapis.

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto (kedua dari kiri) bersama General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi (dua dari kanan) ketika memastikan keandalan listrik di Istana Negara di IKN.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung pembangunan IKN sebagai Kota Hutan yang cerdas, indah, dan ramah lingkungan.

"Alhamdulillah, seluruh kegiatan Presiden selama berada di IKN berjalan dengan lancar, membuktikan bahwa pasokan listrik di IKN semakin andal sesuai dengan komitmen kami," ujar Darmawan.

Ia menambahkan bahwa PLN akan terus mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan IKN, termasuk mendukung penyediaan listrik untuk peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

“Komitmen kami adalah menghadirkan listrik yang andal dan bersih, sesuai dengan target Net Zero Emissions, dengan memanfaatkan potensi energi bersih di Indonesia demi kesejahteraan rakyat,” tambah Darmawan.

Senada dengan itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Agung Murdifi, menjelaskan bahwa PLN sedang bekerja keras menyelesaikan pembangunan jaringan distribusi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Kawasan ini akan disuplai listrik dari tiga Gardu Induk menjelang pelaksanaan upacara HUT RI ke-79.

Agung juga menegaskan bahwa PLN akan menerapkan skema pengamanan berlapis untuk memastikan keandalan listrik di venue utama, Beranda Nusantara, serta di area perkantoran KIPP, bandara, dan penginapan VVIP/VIP. Ia memperkirakan kebutuhan listrik tertinggi di venue upacara HUT RI ke-79 mencapai 1,5 Megawatt (MW).

"Dengan kapasitas listrik bersih di IKN saat ini yang mencapai 10 MW, PLN memiliki cadangan daya yang cukup untuk mendukung persiapan dan pelaksanaan kegiatan HUT RI ke-79 nanti," tutup Agung.

LihatTutupKomentar