PLN Pastikan Keandalan Listrik Madura Jelang HUT RI ke-79 dengan Penggantian PMT di GI Bangkalan

SUARAJATIM - Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-79, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) memastikan pasokan listrik di Pulau Madura tetap terjaga dengan melakukan penggantian Pemutus Tenaga (PMT) 150 kV di Gardu Induk (GI) Bangkalan.

Petugas PLN melakukan penggantian PMT 150 kV di Gardu Induk Bangkalan untuk memastikan pasokan listrik di Pulau Madura tetap andal menjelang HUT RI ke-79


Langkah ini merupakan bagian dari upaya rutin pemeliharaan sistem transmisi guna menjamin keandalan suplai listrik bagi pelanggan di Jawa Timur dan Bali.

Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM, mengungkapkan bahwa inspeksi dan pemeliharaan rutin dilakukan untuk memastikan seluruh peralatan transmisi berfungsi dengan baik.

"PLN berkomitmen melakukan pemeliharaan sistem jaringan transmisi secara cepat dan tepat, terutama untuk mengantisipasi potensi gangguan yang dapat mengancam keandalan pasokan listrik, terutama menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI," ujar Amiruddin.

Amiruddin menambahkan, PLN telah melakukan langkah proaktif dengan mengganti peralatan yang mengalami anomali di GI 150 kV Bangkalan pada tanggal 11 Agustus. Pekerjaan ini melibatkan sekitar 50 personel dari UPT Gresik, ULTG Sampang, serta tim elite PDKB (Pemeliharaan dalam Keadaan Bertegangan) untuk memastikan proses pemeliharaan berjalan lancar.

"PMT merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai saklar otomatis untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik jika terjadi gangguan pada sistem transmisi. Oleh karena itu, pemeliharaan rutin sangat penting untuk memastikan PMT dalam kondisi optimal," jelas Amiruddin.

GI Bangkalan sendiri berperan sebagai substation utama untuk sistem kelistrikan di Pulau Madura, yang melayani berbagai pelanggan penting, termasuk rumah sakit, kantor pemerintahan, serta Pangkalan TNI AL Batuporon. Pekerjaan penggantian PMT yang biasanya memakan waktu 6-7 jam ini berhasil diselesaikan lebih cepat oleh tim PLN.

Dengan digantinya PMT pada TL 150 kV Bay Sampang 2, PLN optimis sistem kelistrikan di Pulau Madura akan tetap andal, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan tenang. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung keandalan sistem transmisi, terutama menjelang HUT RI ke-79," tutup Amiruddin.

LihatTutupKomentar