PLN Sediakan 100 Persen Listrik Hijau untuk HUT RI Ke-79 di IKN

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) berkomitmen untuk menyuplai listrik 100 persen dari energi hijau pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus mendatang. Langkah ini merupakan bagian dari upaya PLN dalam mendukung pengembangan IKN sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Petugas PLN melakukan inspeksi solar panel PLTS IKN.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan pentingnya momen peringatan HUT RI ke-79 sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, PLN bertekad untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan sepenuhnya bersumber dari energi terbarukan guna mendukung kelancaran acara tersebut.

"PLN siap sepenuhnya dalam menyediakan suplai listrik hijau 100 persen yang andal untuk menyukseskan upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Ini merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam mendukung visi IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan," ujar Darmawan.

Ia menjelaskan bahwa keandalan suplai listrik hijau ini didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN yang memiliki kapasitas produksi sebesar 10 Megawatt (MW). Angka ini jauh melebihi kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI yang diperkirakan sekitar 1,5 MW. Selain itu, kapasitas produksi listrik ini direncanakan akan meningkat menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

Pasokan listrik ini juga diperkuat dengan adanya gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN yang memiliki kapasitas 2x60 Mega Volt Amphere (MVA). Selain itu, PLN juga telah menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

"Gardu induk GIS 4 IKN ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan listrik pada perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga akan memastikan pasokan listrik yang andal untuk jangka panjang di IKN," tambah Darmawan.

Di sisi distribusi, PLN telah membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms) yang didukung oleh Gardu Hubung dan Gardu Distribusi. PLN terus mempercepat pembangunan jaringan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Darmawan menegaskan bahwa PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan yang berlapis di venue utama dan area pendukung upacara, sehingga pelaksanaan HUT RI ke-79 dapat berlangsung dengan lancar tanpa hambatan.

"Dengan persiapan yang matang dan komitmen tinggi, PLN memastikan infrastruktur kelistrikan di IKN siap mendukung berbagai kebutuhan, baik untuk acara besar maupun untuk masa depan," tutup Darmawan.

LihatTutupKomentar