PLN Nyalakan 7.357 Sambungan Listrik Gratis untuk Keluarga Kurang Mampu di HUT RI ke-79

SUARAJATIM - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, PT PLN (Persero) melalui program 'Light Up The Dream' berhasil menyambungkan listrik secara cuma-cuma kepada 7.357 keluarga kurang mampu sepanjang tahun 2024. Dengan tambahan ini, total keluarga yang terbantu melalui program tersebut mencapai 24.451 keluarga.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia (kiri) bersama Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono, S.I.K., M.Hum. (kanan), menyerahkan bantuan program Light Up The Dream kepada warga Sumedang, Apep (dua dari kiri) yang berprofesi sebagai pengrajin tembakau.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud kepedulian para pegawai PLN yang secara sukarela memberikan donasi guna membantu masyarakat yang belum memiliki akses listrik.

"Seluruh insan PLN dari berbagai wilayah bergotong-royong memberikan kebahagiaan dan merdeka secara energi kepada saudara-saudara kita yang selama ini belum bisa menikmati listrik secara mandiri. Kami berharap kehadiran listrik ini dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," ujar Darmawan.

Sementara itu, Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto, memberikan apresiasi atas partisipasi dan kontribusi seluruh pegawai PLN yang terlibat dalam program tersebut. Menurutnya, program ini memiliki peran besar dalam mendorong kemajuan masyarakat.

"PLN terus berupaya mengubah kehidupan masyarakat dari era remang-remang menuju kehidupan modern yang terang. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi," ujar Didi.

Ia juga menambahkan, bahwa tantangan besar dalam melistriki seluruh wilayah Indonesia bukanlah tugas yang mudah, mengingat kondisi geografis yang terdiri dari ribuan pulau dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Hasbia, warga Kota Makassar tengah beraktivitas dan menikmati nyala listrik di malam hari berkat program bantuan pasang baru listrik gratis dari PLN, Light Up The Dream.

"Kami berkomitmen untuk terus hadir membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama di daerah terpencil," tambahnya.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, turut menyampaikan bahwa sejak diluncurkan pada tahun 2020, program 'Light Up The Dream' telah membantu puluhan ribu keluarga untuk mendapatkan akses listrik.

"Semoga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat dari program ini, sesuai dengan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Salah satu penerima manfaat program ini, Hasbia (45), warga Kota Makassar, sangat bersyukur atas bantuan sambungan listrik gratis dari PLN. Sebelumnya, ia harus menyalur listrik dari tetangganya dengan biaya Rp 100 ribu per bulan. Kini, dengan listrik mandiri, biaya listrik yang dikeluarkannya turun drastis menjadi Rp 20 ribu per bulan.

"Terima kasih banyak kepada PLN atas bantuannya. Kehidupan kami jadi jauh lebih mudah," kata Hasbia dengan haru.

LihatTutupKomentar