Peringatan HUT RI ke-79, Relawan BUMN Gelar Kegiatan Sosial di Desa Manistutu

SUARAJATIM - Untuk merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Relawan Bakti BUMN mengadakan upacara dan berbagai kegiatan sosial di Desa Manistutu, Jembrana, Bali. Acara ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Agustus 2024, dengan puncaknya pada upacara peringatan kemerdekaan yang digelar pada Sabtu (17/8).

Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata (tengah kanan), Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto (tengah kiri) bersama 10 Relawan Bakti BUMN berkomitmen bersama untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan roda perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.


Menteri BUMN, Erick Thohir, menekankan pentingnya penerapan core value AKHLAK oleh pegawai BUMN dalam kehidupan bermasyarakat. Erick berharap Program Relawan Bakti BUMN dapat memberikan dampak langsung yang bermanfaat serta pengalaman berharga bagi para relawan. "Nilai-nilai AKHLAK harus tercermin dalam kontribusi nyata pegawai BUMN di masyarakat. Program ini harus terus didorong agar kehadiran BUMN dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat setempat," ungkap Erick.

Tedi Bharata, Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, menambahkan bahwa program ini mencerminkan kolaborasi antar-BUMN yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial, baik dari perusahaan maupun karyawan. "Melalui program ini, para karyawan BUMN diajak untuk tidak hanya bekerja demi diri sendiri, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat dan bangsa," ujar Tedi.

Program Relawan Bakti BUMN di Desa Manistutu juga melibatkan 10 karyawan dari berbagai BUMN yang bekerja sama dalam berbagai kegiatan. Selain itu, Tedi menambahkan, program ini juga memperlihatkan kontribusi PLN yang telah menjadikan Desa Manistutu sebagai Desa Berdaya, yang berhasil mendapatkan pengakuan nasional dan meraih berbagai penghargaan, termasuk nominasi 75 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 dan medali emas PDB Awards 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa kolaborasi antara PLN dan masyarakat Desa Manistutu telah memberikan dampak signifikan pada pengembangan ekonomi lokal melalui pelestarian budaya, pengembangan UMKM, serta promosi pariwisata dan pendidikan. Ia berharap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan dapat semakin mendorong peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Selama kegiatan berlangsung, berbagai program sosial dilaksanakan, mulai dari pelatihan digital marketing untuk UMKM, pemberian bantuan alat sekolah, promosi pariwisata melalui balapan kerbau, hingga ritual adat dan pelatihan olahraga bagi pemuda setempat. Relawan juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial lain seperti coaching clinic sepak bola bersama Irfan Bachdim dan edukasi kesehatan bagi lansia.

Kepala Desa Manistutu, I Komang Budiana, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Kementerian BUMN dan PLN dalam upaya memajukan pendidikan, kesehatan, UMKM, serta sektor pariwisata di desanya melalui program Relawan Bakti BUMN.

LihatTutupKomentar