Kolaborasi PLN dan CT Corp Kembangkan Energi Hijau untuk Dukung Target Net Zero Emissions 2060

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) telah menjalin kerja sama strategis dengan PT CT Corpora (CT Corp) untuk mengembangkan energi hijau di lingkungan bisnis CT Corp. Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam mendukung kebutuhan energi ramah lingkungan bagi sektor industri dan bisnis di Indonesia, sebagai langkah menuju pencapaian target Net Zero Emissions pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Chairman CT Corp Chairul Tanjung menandatangani MoU pengembangan energi hijau di Makassar.


Kerja sama dalam bidang ekonomi hijau ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dan Chairman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung, pada Kamis (8/8) di Makassar, Sulawesi Selatan. Melalui MoU ini, PLN dan CT Corp sepakat untuk mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik di lingkungan bisnis CT Corp serta menyediakan layanan energi bersih melalui sertifikat energi terbarukan (Renewable Energy Certificate/REC).

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa PLN siap mendukung upaya CT Corp dalam pengembangan energi hijau sebagai respon terhadap tantangan perubahan iklim serta untuk mendorong penerapan ekonomi hijau. Menurutnya, transisi energi merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, PLN, dan sektor swasta.

"Kita memiliki tugas bersama untuk memastikan generasi mendatang hidup lebih baik dari hari ini. Kolaborasi ini menjadi fondasi bagaimana PLN dan CT Corp bisa berjalan seiring menuju masa depan yang lebih cerah. Transisi energi akan lebih mudah dicapai jika dilakukan bersama-sama, bukan sendiri-sendiri," ujar Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menekankan bahwa kerja sama ini menunjukkan komitmen PLN dalam menyediakan energi hijau yang andal untuk sektor industri dan bisnis guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Langkah ini selaras dengan visi besar PLN untuk menjadikan sektor kelistrikan bukan hanya sebagai sumber energi, tetapi juga sebagai penggerak perekonomian nasional," tambahnya.

Di sisi lain, Chairman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung, menyampaikan apresiasi atas kerja sama ini. Menurutnya, sinergi dengan PLN dalam pengembangan energi hijau sangat sejalan dengan upaya transformasi CT Corp menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan, salah satunya melalui penggunaan energi baru terbarukan berbasis surya di tiga lokasi Trans Studio Mall yaitu Makassar, Bandung, dan Cibubur.

Chairul juga menyebutkan bahwa melalui MoU ini, CT Corp akan mempercepat program-program ekonomi hijau dengan menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh outlet CT Corp yang tersebar dari Aceh hingga Papua. "Perubahan iklim menjadi tantangan besar bagi kita semua, mengubah pola hidup dan pola bisnis," kata Chairul.

Selain kerja sama di bidang ekonomi hijau, PLN melalui subholding-nya, PLN Icon Plus, juga bermitra dengan CT Corp untuk mengembangkan layanan streaming produk ICONPLAY serta jaringan telekomunikasi, multimedia, dan informatika. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, dan Direktur Utama Transvision, Peter F. Gontha.

"Kerja sama ini bukan hanya terkait kelistrikan. Ini adalah terobosan baru di mana PLN, yang biasanya hanya berfokus pada bidang kelistrikan, kini di bawah kepemimpinan Pak Darmo (Darmawan), mulai mengembangkan hal-hal di luar listrik," pungkas Chairul.

LihatTutupKomentar