Dirut PLN Darmawan Prasodjo Raih The Most Inspiring ESG Corporate Leader di Anugerah ESG 2024

SUARAJATIM - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Most Inspiring ESG Corporate Leader dalam ajang IDX Channel Anugerah ESG 2024 yang diadakan di Jakarta pada Kamis malam, 25 Juli.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo meraih penghargaan The Most Inspiring ESG Corporate Leader dalam ajang IDX Channel Anugerah ESG 2024. Tak hanya itu, keberhasilan ini juga diikuti penghargaan kepada PLN dengan kategori perusahaan yang memimpin Transformasi Ekosistem Listrik Hijau se-Indonesia.


Penghargaan ini diberikan atas kepemimpinannya dalam transformasi PLN dan mempercepat transisi energi dalam beberapa tahun terakhir.

PLN juga meraih penghargaan dalam kategori Transformasi Ekosistem Listrik Hijau dan Model Ekowisata Berbasis Konservasi Penyu melalui PLN Indonesia Power. Program ini berlokasi di Pantai Lowita, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dan telah berhasil menyelamatkan dan menetaskan 5.000 hingga 6.000 tukik berkat upaya PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Barru yang berprinsip pada Environmental, Social, and Governance (ESG).

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko BUMN, Nawal Nely, menekankan pentingnya ESG sebagai kompetensi inti perusahaan, agar tidak hanya fokus pada bisnis tetapi juga bertanggung jawab terhadap keberlanjutan.

“ESG merupakan aspek yang menjadi core competency bagi perusahaan yang memiliki visi untuk berjaya tidak hanya saat ini, tetapi juga di masa depan. Anugerah ESG ini penting sebagai apresiasi terhadap komitmen perusahaan,” ujar Nawal.

Syafril Nasution, Direktur Utama IDX Channel, mengatakan bahwa Anugerah ESG 2024 bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan, dengan harapan dapat mendorong lebih banyak perusahaan untuk mengimplementasikan program ESG.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga ini dapat mendorong lebih banyak perusahaan untuk menerapkan praktik ESG," kata Syafril.

Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan PLN dalam menyukseskan transisi energi di Indonesia. Ia menegaskan komitmen PLN untuk terus mendukung transisi energi guna mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

"PLN mendukung penuh langkah Pemerintah untuk mengakselerasi transisi energi demi mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 atau lebih cepat," ungkap Darmawan.

PLN menunjukkan komitmennya melalui berbagai upaya, termasuk pengembangan pembangkit energi baru terbarukan (EBT) yang mencapai 8.786 megawatt (MW) hingga 2023, terdiri dari hidro, panas bumi, surya, angin, dan biomassa. Selain itu, PLN juga menyediakan layanan listrik hijau melalui Renewable Energy Certificate (REC) yang diakui secara internasional, memastikan bahwa listrik yang digunakan berasal dari sumber energi bersih.

"REC diakui secara internasional sehingga setiap listrik yang pelanggan peroleh merupakan listrik dari energi bersih PLN. Ke depannya, PLN akan terus membangun Energi Baru Terbarukan yang lebih masif di Indonesia," kata Darmawan.

LihatTutupKomentar