Piala AFF-U19 2024 di Surabaya Tinggal Menghitung Hari, PLN Siapkan Infrastruktur Kelistrikan

  • PLN memastikan sistem transmisi dalam kondisi siap untuk memasok kebutuhan listrik selama penyelenggaraan AFF U-19.


Suarajatim.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) tengah mempersiapkan keandalan pasokan listrik menuju laga internasional sepakbola AFF U-19 yang akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November Surabaya pada 17-29 Juli 2024 mendatang.


Salah satu langkahnya adalah dengan pemeliharaan Gardu Induk dan tower SUTT/ET (Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi).

PLN jelang aff surabaya

“Pembersihan isolator dilakukan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG), akhir pekan lalu (6/7), pada 8 titik tower yang berada pada jalur SUTT 150kV Altaprima–Surabaya Barat dengan membersihkan polutan yang menempel pada isolator akibat polusi, hal ini untuk memastikan material transmisi berfungsi optimal menghadapi cuaca," kata Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

PLN persiapkan keandalan pasokan listrik menuju laga internasional sepakbola AFF U-19

Selain itu, dalam pemeliharaan petugas juga melakukan validasi pada jalur right of ways (ROW). “Ini dilakukan untuk mengamati kondisi sepanjang jalur tower transmisi agar aman dari gangguan eksternal atau benda asing maupun peralatan itu sendiri," tuturnya.


Menurut Amiruddin, pemeliharaan material transmisi dilakukan secara rutin untuk mencegah adanya isolator yang terpapar polusi dan mengganggu pasokan listrik.


“Pengukuran corona pada SUTT juga dilakukan untuk memastikan keandalan sistem transmisi. Corona ini merupakan kondisi ketika penghantar terionisasi dan dapat menyebabkan partial discharge pada permukaan konduktor saluran transmisi ketika kuat medan listrik dari konduktor melebihi tegangan tembus dari udara sekeliling, sehingga terjadi rugi daya pada SUTT/SUTET," lanjut Amiruddin.


PLN UIT JBM berkomitmen untuk menyediakan seluruh infrastruktur kelistrikan yang andal tanpa kedip selama AFF U-19.

LihatTutupKomentar