Program TJSL Bawa Dampak Positif, Dirut PLN Raih Penghargaan Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan

SUARAJATIM - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menerima penghargaan sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan dalam Nusantara Corporate Social Responsibility (CSR) Awards 2024. Acara ini diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Rabu (17/7).

Darmawan Prasodjo menerima penghargaan di Nusantara CSR Awards 2024
Penyaluran Sarana Air Bersih kepada Masyarakat Desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kupang, Nusa Tenggara Timur dalam Program Sarana Air Bersih Bernas (Bersama Sehatkan Anak Semau).

Di bawah kepemimpinan Darmawan, PLN dinobatkan sebagai Perusahaan Paling Bertanggung Jawab 2024. Penghargaan ini diberikan berkat keberhasilan 31 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang secara signifikan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN tidak hanya fokus pada bisnis inti, tetapi juga berupaya memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Program TJSL yang dijalankan PLN sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

"Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan listrik yang andal, tetapi juga menjadi motor penggerak bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program TJSL PLN, kami ingin memberikan manfaat nyata bagi kehidupan masyarakat," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa program TJSL PLN menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang mencakup berbagai sektor dengan program prioritas, seperti pengolahan sampah menjadi energi (Co-Firing), pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA), Electrifying Agriculture, dan pengembangan UMKM.

Darmawan menegaskan bahwa program TJSL PLN berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui inovasi, penciptaan industri, penyediaan infrastruktur, pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK), dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Penghargaan ini, menurut Darmawan, memotivasi PLN untuk terus meningkatkan dan memperluas program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui TJSL.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan PLN di Indonesia yang berdedikasi melalui program TJSL. Kami akan terus meningkatkan kualitas program TJSL agar manfaatnya semakin luas dirasakan," tutupnya.

La Tofi, Chairman La Tofi School of Social Responsibility, menyatakan bahwa Nusantara CSR Award 2024 diikuti oleh 75 perusahaan, baik BUMN maupun swasta, yang menampilkan program CSR unggulan mereka. Para pemenang dinilai berdasarkan dampak nyata yang mereka berikan kepada masyarakat dan lingkungan.

"Para pemenang kami pilih karena mereka berhasil membawa perubahan dari Sabang sampai Merauke, bukan hanya menghabiskan anggaran, tetapi menciptakan dampak perubahan yang nyata," kata La Tofi.

Secara rinci, penghargaan The Most Responsible Companies 2024 diberikan atas program-program dari unit PLN dan subholding di seluruh Indonesia, termasuk UID Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan 5 program, UID Lampung dengan 3 program, serta dua program dari UIP Maluku dan Papua, UIP Kalimantan Bagian Timur, UIP Nusa Tenggara, UID Sumatera Barat, UID Jakarta Raya, UIW Nusa Tenggara Barat, dan UIW Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, program-program dari UIP Jawa Bagian Tengah, UIP Sulawesi, UID Kalimantan Barat, UID Sumatera Utara, UID Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, UIT Jawa Bagian Barat, UIT Jawa Bagian Tengah, Corporate University, serta PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Jeranjang juga berkontribusi dalam penghargaan ini.(*)
LihatTutupKomentar