Bantu UMKM Pengrajin Furniture di Desa Domas Gresik, PLN Beri Pelatihan dan Fasilitas Operasional Produksi

  • PLN UIT JBM menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan memberikan bantuan pada pelaku UMKM di Desa Domas, Gresik.

Suarajatim.com - PT PLN Persero tak hanya ingin fokus pada urusan kelistrikan, namun juga ingin berdampak lebih luas pada lingkungan dan masyarakat. Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) menjadi kendaraan untuk mewujudkan keinginan tersebut.


Maka pada Rabu (3/7) PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), mengadakan pelatihan digital marketing dan fasilitas pendukung produksi furniture kepada anggota Koperasi Kriya Giri Sejahtera di Desa Domas, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Kegiatan ini selaras dengan program pemerintah yang berdasar pada TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan).

TJSL PLN Jatim

"Ini merupakan bentuk dukungan program TJSL yang diberikan PLN UIT JBM melalui UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Gresik. Desa Domas sendiri berada di wilayah jaringan transmisi SUTT 150kV Surabaya Barat Kasih Jatim–Cerme, Gresik. Program ini selaras untuk mendukung TPB ke 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi," ungkap Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

Amiruddin menyebut, dukungan tersebut diberikan agar UMKM di Desa Domas dan sekitarnya yang mayoritas merupakan pengusaha dan perajin furniture kayu dan rotan, bisa berkembang lebih luas lagi. 


"Bantuan alat operasional pekerjaan diberikan agar produksi furniture yang dihasilkan bisa meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas dan berkembang signifikan, apalagi saat ini sedang berproses untuk ekspor untuk memenuhi order dari Jepang berupa kerajinan rotan sebanyak 6000 pieces, semoga hasilnya bagus dan terus berkembang lebih baik dalam negeri dan mancanegara," tambah Amiruddin.


Tak hanya itu, menurut Amiruddin, PLN UIT JBM juga mendukung kebutuhan listrik dalam operasional pekerjaan melalui kemudahan layanan yang disediakan PLN.


“Sosialisasi fitur-fitur aplikasi PLN Mobile disampaikan kepada Mitra Binaan TJSL agar dapat lebih memudahkan aktivitas usaha dengan kebutuhan listrik yang ada. Sehingga mitra binaan tidak lagi bingung apabila terdapat kebutuhan kelistrikan langsung bisa melalui aplikasi PLN Mobile," jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga Kabupaten Gresik, Khurin In Noviarani dalam sambutannya memberikan apresiasi pada PLN UIT JBM.


“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada PLN atas kepeduliannya terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Gresik. Saat ini, bidang ekonomi kreatif ini ada 17 sub sektor ekonomi kreatif dan pada bantuan ini PLN menyentuh 2 sub sektor. Pertama sektor kriya atau kerajinan, yaitu kerajinan kayu dan rotan. Kedua, pelatihan digital marketing yang masuk dalam sub sektor periklanan. Harapannya pelatihan digital marketing yang diberikan kepada masyarakat bisa meningkatkan omzet penjualan kerajinan yang ada di Domas dan sekitarnya, ditambah dengan aplikasi PLN Mobile yang akan sangat membantu aktivitas operasional pekerjaan," pungkas Khurin.

LihatTutupKomentar