PLN Tingkatkan Proteksi GI Sidoarjo di Akhir Pekan, UIT JBM Kerahkan Tim Khusus

SUARAJATIM - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya mengambil tindakan proaktif untuk memastikan keandalan dan kelancaran distribusi energi listrik di wilayah Sidoarjo. Pada akhir pekan lalu (28/7), pemasangan sambungan Ground Shield Wire (GSW) di Gardu Induk (GI) 150kV Sidoarjo berhasil dilakukan oleh tim khusus, yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).

Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).


"Tim PDKB melakukan pemasangan jumper GSW di lima titik beam serandang dalam kondisi bertegangan, memberikan fleksibilitas dalam eksekusi, serta mengurangi risiko gangguan listrik bagi pelanggan pada akhir pekan. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat sistem proteksi GI dari sambaran petir," kata Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

Pemasangan jumper GSW ini dilakukan setelah ditemukan anomali selama patroli rutin. Dengan adanya jumper, arus listrik akibat sambaran petir dapat langsung dialirkan ke tanah melalui tiang beam serandang, sehingga tidak mengganggu sistem dan meningkatkan keandalan distribusi energi listrik, terutama saat menghadapi cuaca ekstrem.

"Tindakan preventif ini diambil oleh Tim PDKB UPT Surabaya sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan sistem penyaluran tenaga listrik dan meminimalisir gangguan suplai kepada pelanggan," lanjut Amiruddin.

Amiruddin juga menjelaskan bahwa seluruh pekerjaan pemasangan jumper GSW dilakukan dengan mengutamakan keselamatan ketenagalistrikan. "Tim PDKB terdiri dari pegawai yang memiliki kemampuan untuk bekerja dalam keadaan bertegangan. Tim ini sudah tersertifikasi dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) khusus yang diperbarui secara rutin untuk memastikan keamanan petugas," tambahnya.

Dengan langkah-langkah preventif dan penguatan sistem proteksi di GI Sidoarjo ini, diharapkan keandalan distribusi tenaga listrik di wilayah Surabaya dapat tetap terjaga, terutama saat musim hujan yang sering diiringi dengan sambaran petir. PLN berkomitmen untuk terus bekerja dari hati demi menerangi negeri dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

LihatTutupKomentar