Wings for Unicef Bersama SoKlin, Gandeng Dion Wiyoko Kampenyekan Generasi Bersih Sehat ke Puluhan Sekolah

  • Wings Group bersama Unicef menghadirkan kembali program Wings for Unicef Bersama SoKlin yang akan memberikan penyuluhan dan bantuan ke puluhan sekolah di Indonesia terkait sarana sanitasi dan hygiene.

Suarajatim.com - Ada 5 pilar yang menjadi prinsip utama pemerintah dalam menjaga kesehatan anak bangsa. Yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, dan sehat lingkungan. Di mana sehat lingkungan dinilai menjadi faktor terpenting yang menjadi dasar bagi kesehatan-kesehatan lainnya.

Untuk itu, Wings Group mengambil bagian dalam menyediakan sanitasi dan hygiene yang baik di sekolah-sekolah demi mewujudkan generasi bersih sehat.

Bersama Unicef, Wings bakal membawa SoKlin mewujudkan misi ini ke puluhan sekolah yang tersebar di wilayah Aceh dan Sulawesi Selatan.

Program "Wings for Unicef Bersama SoKlin" ini menggaungkan jargon "BEST" sebagai pesan utama, yang merupakan singkatan dari bersih pakaian, bersih tangan, bersih tubuh, sehat terlindungi.

"SoKlin menyadari kebersihan adalah tanggung jawab bersama. Maka kami ingin menyuarakan hal ini dalam kampanye Generasi Bersih Sehat. Kami akan adakan roadshow selama satu tahun, ke sekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan, sekaligus kegiatan menarik seperti lomba cerdas cermat, talent show, dan lainnya. Semata-mata untuk menarik minat anak-anak untuk mempelajari pentingnya kebersihan," kata Joanna Elizabeth Samuel, selaku Marketing Manager SoKlin dalam acara Press Conference Generasi Bersih Sehat Wings for Unicef Bersama SoKlin di Jakarta pada Kamis (13/6/2024).


Muhammad Zainal, perwakilan dari Water Sanitation and Hygiene (WASH) Unicef Indonesia, menuturkan bahwa lingkungan yang bersih dan sehat adalah hak setiap anak. Pengaruhnya pun sangat besar bagi pertumbuhan dan prestasi anak bangsa.

"Ketersediaan sanitasi yang baik di sekolah bisa meningkatkan kehadiran siswa. Berdasarkan survey, 1 dari 7 anak, terutama anak perempuan, tidak masuk sekolah pada saat menstruasi, karena toilet di sekolah tidak mendukung. Maka ketersediaan sanitasi yang baik bisa meningkatkan kehadiran 11 persen lebih tinggi," ungkap Zainal.

Wings for Unicef Bersama SoKlin merupakan program berkelanjutan, di mana pada tahun sebelumnya, kegiatan serupa juga telah digelar di lokasi yang sama. Bedanya, di tahun lalu, program dijalankan khusus untuk lingkup rumah tangga, sementara di tahun ini lebih menyoroti lingkungan sekolah.

"Di tahap kedua ini kami fokus ke sekolah karena anak-anak waktunya lebih banyak di sekolah. Kami ingin mendorong pemerintah daerah untuk mendukung adanya sanitasi yang baik, khususnya di 2 provinsi yang akan kami datangi," kata Zainal.

Untuk pemilihan sekolah, Wings dan Unicef merujuk pada rekomendasi Pemerintah Daerah sesuai dengan mana yang paling membutuhkan bantuan. "Setelah mendapat rekomendasi dari pemerintah setempat, lalu kami lakukan asesmen, agar lebih tepat sasaran. Kebanyakan yang akan dikunjungi adalah sekolah-sekolah dasar," papar Zainal.

Aceh dan Sulawesi selatan masih menjadi lokasi yang dipilih oleh Wings dan Unicef karena untuk menjaga kesinambungan program. Di samping itu, kondisi sanitasi di dua wilayah tersebut dinilai masih banyak tantangan.

Wings dan Unicef juga menggandeng aktor tampan, Dion Wiyoko, sebagai Campaign Ambassador. Ayah satu anak ini dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, sejalan dengan program yang akan dilaksanakan.

"Beberapa tahun belakangan saya sering berkeliling Indonesia. Benar adanya data yang menunjukkan bahwa 27juta anak Indonesia sulit mendapat akses sanitasi yang layak. Saya buktikan sendiri memang ketika ke daerah-daerah saya sulit menemukan air bersih. Maka saya pun berpikir bagaimana untuk membantu memberi solusi," kata Dion.

Dion mengaku bahwa kebiasaan BEST juga ia terapkan dalam kehidupan sehari-harinya di rumah.

"Saya terapkan ke anak saya, bahwa habis main di luar harus ganti baju, cuci tangan. Bersih tubuh juga dilakukan dari kepala hingga kaki. Tujuannya agar sehat terlindungi. Di mana sehat yang dimaksud di sini juga berawal dari lingkungan yang bersih. Maka sampah di rumah harus dibuang secara teratur sehingga tidak menumpuk, begitu juga barang bekas yang harus disortir berkala," papar Dion. 


Tak hanya sendiri, Dion membawa 3 besti yang akan membantunya mensosialisasikan kampanye Generasi Bersih Sehat di sekolah-sekolah. Mereka adalah Cut Novia dari Aceh, Soni Karaeng dari Sulawesi Selatan, Hepi Puspita dari Jawa Barat.

Ketiga besti tersebut merupakan karakter animasi yang kisah-kisahnya akan menjadi role model bagi anak-anak dalam menjaga kebersihan di kehidupan sehari-hari.

Dion berharap, langkah kecil yang dilakukan oleh Wings dan Unicef bisa membawa dampak besar bagi Indonesia.



LihatTutupKomentar