Karyawan WINGS Group dan Para Pecinta Lingkungan Tanam 500 Pohon Mangrove di PIK Jakarta

  • Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Yayasan WINGS Peduli bersama organisasi di bidang lingkungan dan kehutanan, menggelar Aksi Hijau dengan menanam ratusan pohon Mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK).

Jakarta, Suarajatim.com Mendukung komitmen #WINGSPeduliLingkungan, puluhan karyawan WINGS Group dari berbagai departemen, bahu membahu menanam 500 pohon Mangrove pada Senin (10/6).

Djuhana, selaku Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove, menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan WINGS Peduli yang telah mendukung aksi hijau tersebut. "Program menanam Mangrove bersama karyawan ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan,” ujarnya.

Pohon mangrove sendiri memiliki peran penting dalam restorasi lahan di Teluk Jakarta yang terdegradasi, serta menjaga kualitas air dan udara di sekitarnya. 

“Mangrove dapat menyangga spektrum ekosistem di sekitar, seperti gugus karang, padang lamun, hingga hamparan lumpur dan pasir. Keberadaannya dapat melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut. Mangrove di Indonesia sendiri merupakan salah satu hutan kaya karbon dunia, yang dapat mengatasi perubahan iklim, yang kini menjadi permasalahan penduduk dunia,” kata Miftachur Robani, CEO Lindungi Hutan.

Setelah dilakukan penanaman, melalui organisasi Lindungi Hutan, Yayasan WINGS Peduli akan melakukan pemeliharaan pohon, seperti penyulaman atau mengganti pohon mangrove yang mati dengan bibit baru, serta penyiangan atau menghilangkan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan Mangrove. 


Melalui aksi ini, Yayasan WINGS Peduli ingin mengajak karyawan menjadi bagian dari #GenerationRestoration, yang tahun ini fokus pada Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan).

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli berharap, aksi penanaman pohon Mangrove ini mampu mempertahankan fungsi ekologis dan ekosistem serta memaksimalkan penyerapan karbon untuk mengontrol polusi di Jakarta.

"Keterlibatan karyawan dalam aksi ini juga merupakan bentuk komitmen mereka terhadap sustainable lifestyle yang mereka akan teruskan ke sekitarnya,” ungkap Sheila.

Sebelumnya, di tahun 2023, Yayasan WINGS Peduli mendukung program Net Zero Carbon yang diselenggarakan oleh BPOM, dengan menanam ratusan pohon Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bersama instansi swasta lainnya. 

Upaya ini juga diikuti dengan berbagai program #WINGSPeduliLingkungan lainnya, sepeeti kampanye #PilahDariSekarang, fasilitas pengelolaan sampah, hingga kolaborasi untuk melakukan recycle maupun upcycle sampah. Semua upaya tersebut sejalan dengan filosofi WINGS Group, the good things in life should be accessible for all.
LihatTutupKomentar