E-Sports Bisa Menjauhkan dari Narkoba: Ribuan Peserta Ikuti Turnamen Mobile Legend dan PUBG

esport kapolda cup 2024
Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto didampingi Ketua Harian ESI Jatim dan perwakilan KONI, seusai penyerahan piala Turnamen Esports (26/6). Foto: Suarajatim/Handi

Suarajatim.com - Turnamen Esports Kapolda Jatim Cup 2024, yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 dan Hari Anti Narkotika Internasional ke-74, telah berhasil menunjukkan bahwa kegiatan esport bisa menjadi alat yang efektif dalam menjauhkan generasi muda dari bahaya narkoba dan kriminalitas.

Turnamen ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan dalam bermain Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG), tetapi juga sebagai media untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Acara yang berlangsung di Hotel Novotel Samator Surabaya ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dengan partisipasi lebih dari 6.000 peserta yang tergabung dalam 1.000 tim Mobile Legends dan 371 tim PUBG, turnamen ini menjadi bukti nyata bahwa esports dapat menjadi sarana untuk mengarahkan energi positif anak muda, menghindarkan mereka dari pengaruh buruk narkoba, dan meningkatkan keterampilan serta sportifitas.

Dirresnarkoba Polda Jatim, Kombes Pol Robert Da Costa, menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam upaya pemberantasan narkoba. "Turnamen ini mengusung tema "Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar," yang menekankan partisipasi kolektif dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba," katanya.


Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, dalam kesempatan tersebut, menyatakan bahwa perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan pada dunia olahraga, termasuk esports. Menurutnya, esport bukan hanya sebuah permainan, tetapi juga alat edukasi preventif terhadap ancaman seperti narkoba, radikalisme, dan kejahatan siber. "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat menginspirasi generasi muda untuk berperan aktif dalam kampanye anti-narkoba dan membangun Indonesia yang lebih aman dan sejahtera," ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, AKBP Windy Syahfutra, juga menambahkan bahwa melalui turnamen ini, pihaknya berupaya menyampaikan pesan penting terkait bahaya narkoba dan pentingnya menjaga kamtibmas. "Dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta, turnamen ini memberikan dorongan semangat bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan bebas dari narkoba," jelasnya.

Kesuksesan Turnamen Esports Kapolda Jatim Cup 2024 tidak hanya dilihat dari segi kompetisi, tetapi juga dari aspek edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba. Dengan demikian, kegiatan esport terbukti dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menjauhkan generasi muda dari narkoba dan kriminalitas serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Berikut Pemenang Turnamen eSport Kapolda Jatim Cup 2024

Mobile Legends Bang-Bang (MLBB)
MVP: VLOOSEE dari Polres Sidoarjo
Juara 1: Polresta Sidoarjo
Juara 2: Polres Jombang
Juara 3: Polres Jember
Juara 4: Polres Pelabuhan Tanjung Perak

PUBG Mobile
MVP: Mahendra Farel Setiawan dari Polres Gresik
Juara 1: Polres Gresik
Juara 2: Polres Probolinggo
Juara 3: Polres Bondowoso
Juara 4: Polres Mojokerto

LihatTutupKomentar