Desa Berdaya PLN di Sumber Banteng: Wisata Air Alami Dukung Ekonomi Lokal

Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Kediri, Suarajatim.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) menjalankan program Desa Berdaya dengan mengembangkan potensi wisata air alami di Sumber Banteng, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kotamadya Kediri, Jawa Timur.

Kontribusi PLN terhadap kemajuan wisata Sumber Banteng ini telah berjalan dua tahun.

PLN Peduli Program TJSL

Menurut Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung upaya PLN dalam menjaga ketersediaan listrik yang andal.

"Kami berkomitmen untuk mendukung program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah," ujarnya.

Program Wisata Sumber Banteng ini berfokus pada pengelolaan sumber air alami yang terletak di sepanjang jalur SUTET 500kV Kediri-Paiton dan SUTT 70kV Banaran-Pare. PLN Peduli memberikan dukungan kepada para pengelola lokal untuk menjaga aliran air dengan melakukan penghijauan dan pelestarian lingkungan sekitar.

Potensi Wisata Air di Jawa Timur

Selain itu, program ini juga melibatkan pengembangan potensi ekonomi masyarakat melalui pembangunan atraksi wisata alam, peningkatan kompetensi SDM dengan sertifikasi dan pelatihan K3, serta pengembangan budaya daerah seperti sanggar tari anak-anak.

Amiruddin menegaskan bahwa evaluasi terhadap program ini telah menunjukkan keberhasilannya.


"Kami melihat peningkatan signifikan dalam kompetensi SDM yang bersertifikasi Safety Guard, pertumbuhan jumlah UMKM, dan peningkatan jumlah pengunjung. Ini menunjukkan bahwa program Desa Berdaya PLN Peduli di Sumber Banteng berhasil," ungkapnya.

Program Desa Berdaya ini sejalan dengan upaya transformasi PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Informasi mengenai berbagai program PLN Peduli dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia secara gratis di Play Store dan App Store.

LihatTutupKomentar