PLN Raih 779 Penghargaan di Sepanjang Tahun 2023, Buah Dari Transformasi

  • Ini daftar panjang penghargaan yang berhasil diraih PLN sepanjang tahun 2023.

Jakarta, Suarajatim.com - Tahun 2023 nampaknya menjadi tahun keemasan bagi Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero). Kerja kerasnya membawa PLN bertransformasi secara digital,berbuah manis.


Tak kurang dari 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional hingga internasional diraihnya sepanjang tahun 2023.


Konsistensinya memperjuangkan lingkungan berkelanjutan bahkan mengantarkannya meraih penghargaan tertinggi Green Leadership Utama dalam Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada bulan Desember lalu. 


Tak hanya itu, Darmawan juga pernah diberi gelar "Male Executive of the Year" pada ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia. Penghargaan tersebut diraih lantaran dirinya dinilai sukses membawa PLN mengungguli perusahaan kelistrikan dan energi se-Asia dengan menyabet lima penghargaan bergengsi dari 12 kategori yang ada. 


Sepak terjang dalam melakukan transformasi digital di tubuh PLN membuat Darmawan dinobatkan sebagai CEO Of The Year dari CNBC Indonesia selama dua tahun berturut-turut.


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, semua terobosan yang dilakukan PLN semata demi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan. 


"Proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. PLN melakukan digitalisasi pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, perencanaan hingga pengelolaan keuangan, yang membuat perusahaan semakin efisien dan kokoh," ujar Darmawan.


Sebagai perusahaan induk, PLN tercatat meraih 318 penghargaan di berbagai bidang mulai dari nasional hingga internasional. 


Penghargaan internasional meliputi: dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober, Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus, dan Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 di bulan Oktober. 

Sementara apresiasi yang datang dari Pemerintah Indonesia berupa 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Desember 2023. Capaian ini naik dari tahun sebelumnya yang berjumlah 15  PROPER Emas. 


Selain itu, PLN juga meraih 8 penghargaan Subroto Award 2023 oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada bulan September. Lalu ada pula penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards pada kategori Pelaku Usaha Besar dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) di bulan November.


Tak cukup sampai di situ, PLN juga memborong lima penghargaan pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 yang diselenggarakan pada bulan Maret oleh Kementerian BUMN.


PLN juga memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi 'Informatif' dari Komisi Informasi Pusat, dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023 di bulan Desember. Capaian ini menjadi sejarah bagi PLN yang sebelumnya hanya memperoleh kualifikasi 'Menuju Informatif'. 


Dalam bidang Public Relation, PLN juga mengukir prestasi, yakni lima anugerah kehumasan dalam ajang Public Relations Indonesia Awards 2023 di bulan Maret serta ajang Indonesia Goverment Public Relation Awards (IGA) 2023 dengan tiga kategori di bulan Juni.


PLN juga memboyong 28 penghargaan dalam ajang Indonesian CSR Awards (ICA) 2023 dan Indonesian SDGs Awards (ISDA) pada bulan Desember. 


Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang gencar dilakukan juga membuahkan 39 penghargaan di ajang Top CSR Awards 2023 di Juni 2023. Tiga di antaranya, kategori TOP CSR Award 2023 on Stars 5, TOP CSR Golden Trophy 2023 dan TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan khusus kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.


Torehan prestasi ini tidak hanya diraih PLN holding, tetapi juga diraih subholding dengan total 427 dan anak perusahaan dengan total 34 penghargaan. Penghargaan ini diraih berkat kinerja apik seluruh subholding dan anak usaha PLN.


"Semua penghargaan ini tidak lepas dari dukungan dan arahan pemerintah yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara. Juga kontribusi seluruh insan di PLN yang membantu meraih berbagai capaian ini," kata Darmawan.

LihatTutupKomentar