Surabaya Mulai Musim Hujan, PLN Lakukan Climb Up Inspection Guna Antisipasi Sambaran Petir

  • PLN UIT JBM lakukan Climb Up Inspection untuk memastikan listrik masyarakat Surabaya dan sekitarnya tetap andal selama musim hujan, termasuk di momen Natal dan Tahun Baru.

Surabaya, Suarajatim.com - Intensitas hujan mulai tinggi di Surabaya. Untuk memastikan infrastruktur kelistrikan tetap berfungsi optimal, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Timur dan Bali (UIT JBM) melakukan Climb Up Inspection pada salah satu penghantar tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi ) 150 kV Darmogrand, Waru, Jumat (15/12).


SUTT Darmogrand, Waru dipilih karena berperan sebagai penopang utama kelistrikan di wilayah tengah kota Surabaya hingga Waru, Sidoarjo.


Amiruddin selaku General Manager PLN UIT JBM menyampaikan bahwa climb-up inspection dilakukan untuk mengetahui kondisi jaringan tower transmisi, sehingga dapat memetakan potensi anomali dan langkah antisipatif pencegahannya pada sistem transmisi.


“Climb-up inspection dilakukan petugas dengan memanjat tower untuk pengecekan secara visual termasuk pembersihan, juga pengencangan pada koneksi pentanahan," kata Amiruddin.

Menurut Amiruddin, memasuki musim hujan, harus dilakukan upaya untuk meminimalisir potensi yang dapat terjadi akibat sambaran petir. 


"Tak hanya itu, mengingat Natal dan Tahun Baru semakin dekat, maka langkah ini juga sebagai persiapan untuk memastikan seluruh infrastruktur transmisi berfungsi optimal selama liburan di wilayah kota Surabaya dan sekitarnya," tambah Amiruddin.


Ia juga menegaskan bahwa pemeliharaan dilakukan tanpa mengganggu penyaluran listrik untuk pelanggan.


“Pengecekan diselesaikan dengan lancar oleh Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) tanpa mengganggu pelayanan kepada pelanggan, sehingga dapat menikmati akhir pekan dengan kondisi kelistrikan aman," pungkas Amiruddin.

LihatTutupKomentar