Srikandi PLN Beri Edukasi pada Para Ibu Untuk Mencegah Stunting

  • Srikandi PLN UIT JBM gelar edukasi kesehatan untuk dukung pencegahan stunting dan jaga kesehatan tumbuh kembang anak di wilayah Gresik dan Malang.

Suarajatim.com - PT PLN (Persero) melakukan aksi peduli pada peningkatan gizi untuk tumbuh kembang anak Indonesia.


Aksi ini dilakukan oleh gugus tugas Srikandi yang merupakan pegawai perempuan PLN. Srikandi Movement ikut ambil bagian dalam menyukseskan program pemerintah dalam memberantas stunting.


General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UITJBM), Amiruddin menyebutkan Srikandi Movement dilaksanakan bersamaan pada dua lokasi Unit Pelaksana Transmisi (UPT). Acara terdiri dari edukasi soal gizi anak, dan penyaluran bantuan.


“Srikandi Movement berlangsung lancar dengan antusiasme peserta yang tinggi pada 2 lokasi UPT, Gresik dan Malang pada Jumat (15/12). Kegiatan ini sebagai wujud nyata komitmen PLN tidak hanya menyediakan listrik andal, juga ikut berkontribusi dalam pencegahan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia melalui program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat," ungkap Amiruddin.


Amiruddin menambahkan, acara ini adalah bagian dari TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) yang menyasar kesehatan masyarakat di sekitar wilayah kerja.


“Penyaluran program TJSL diberikan kepada kurang lebih 200 penerima manfaat pada masing-masing lokasi berupa paket peduli gizi seimbang," terangnya.


Ketua Srikandi PLN UIT JBM, selaku Manajer UPT Malang, Henny Ika Septyani, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Srikandi Movement diwujudkan dengan penyaluran paket gizi seimbang untuk ibu yang memiliki anak serta menghadirkan pakar tumbuh kembang anak sebagai narasumber.


“Narasumber yang dihadirkan dapat memberi edukasi untuk ibu-ibu mengenai bagaimana menjaga dan membantu tumbuh kembang anak bahkan sejak dalam kandungan. Hal seperti ini tentu juga menjadi perhatian PLN sebagai upaya menyukseskan program pemerintah menekan angka stunting untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera," terang Henny.

Melani D. Astuti, Lurah Candirenggo, Malang, mengucapkan terimakasih kepada Srikandi PLN yang telah mengedukasi warga yang memiliki bayi hingga balita untuk memperhatikan tumbuh kembang anak mereka.


“Terima kasih untuk PLN, sehingga sebagai perangkat Desa dan tenaga kesehatan dapat berinteraksi lebih intens mengedukasi Ibu-Ibu pada Desa yang hadir kali ini, sebagai langkah pencegahan terjadinya stunting pada anak," tuturnya.


Hal senada disampaikan Kepala Desa Suci, Gresik, Ahmad Rizal, “Semoga setelah acara ini, ibu-ibu lebih rutin membawa anak-anak balitanya ke posyandu dan memperhatikan tumbuh kembang anak-anak melalui buku KIA dan tidak luput dari pengawasan bidan pendamping dari desa. Selain itu, juga orang tua diminta untuk memantau penggunaan gadget pada anak yang juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak," papar Ahmad dalam ungkapan terima kasihnya pada PLN.

LihatTutupKomentar