Pemerintah Melalui PLN Beri Sambungan Listrik Gratis ke 24 Ribu Rumah di Jawa Barat

  • Sebanyak 24 ribu rumah tangga di Jawa Barat mendapatkan sambungan listrik gratis dari PLN dan KESDM.

Bogor, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menggelar program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2023 di Provinsi Jawa Barat.


Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, dan Wakil Walikota Bogor Dedie Abdu Rachim di Desa Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (7/12/2023).


Sinta Rosita, salah satu warga penerima program BPBL mengaku, selama ini akses listrik di rumahnya hanya menumpang pada rumah neneknya, sehingga saat mengoperasikan elektronik harus bergantian dengan keluarganya yang lain.


"Dari dulu numpang listrik di rumah nenek. Bayarnya patungan. Kadang juga suka jepret karena gak kuat, jadi harus gantian. Saya bersyukur sekali dengan adanya listrik gratis ini, saya jadi bisa jualan. Anak-anak juga bisa belajar dengan tenang. Terima kasih sekali kepada pemerintah dan PLN," kata Sinta.


Eddy Soeparno selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR RI mengapresiasi kepedulian Pemerintah dan PLN pada akses listrik masyarakat kurang mampu. Menurutnya, program BPBL membuat kehadiran negara dirasakan langsung oleh masyarakat.


"Program ini membuka peradaban baru dan mencerahkan masyarakat. Terasa sekali perubahannya, terasa sekali dampaknya, secara keberdayaan masyarakat juga merasa memiliki sebuah kekuatan yang lain," kata Eddy. 


Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu menceritakan bagaimana pihaknya dan PLN telah memberi manfaat kepada banyak masyarakat melalui program ini.


"Lima tahun lalu masih ada 2,5 juta masyarakat di Indonesia ini yang tidak mendapatkan akses listrik. Kami bersama PLN memetakan dan mencari solusinya, ternyata untuk bisa menyambung listrik ke rumah warga, terutama di wilayah terpencil anggarannya besar. Untuk itu, lewat dukungan dari Komisi VII, kita bisa merealisasikannya. Ini sangat bermanfaat dan kami berharap tahun depan, program ini bisa terus dilanjutkan," kata Jisman.


Jisman menargetkan, seluruh masyarakat Indonesia akan mendapat akses listrik pada tahun 2025 mendatang. Harapannya, hal ini dapat mendorong minat belajar anak-anak sekolah, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Program ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Bogor. Terima kasih untuk PLN, Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI," ujar Wakil Walikota Bogor Dedie Abdu Rachim.


Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Edi Srimulyanti menyampaikan bahwa di sepanjang tahun 2023 ini PLN telah menjalankan program sambung listrik gratis kepada 125 ribu rumah tangga di 32 Provinsi di Indonesia. 


"Hingga hari ini, Alhamdulillah kami telah menuntaskan seluruhnya, bahkan mencapai 105 persen dari target dengan jumlah 131.600 rumah tangga mendapatkan listrik 24 jam," jelas Edi.


Edi menuturkan, sebanyak 24 ribu rumah tangga di Jawa Barat telah mendapatkan manfaat dari program ini, sementara untuk Kota Bogor sendiri terdapat 2.580 rumah tangga.


"PLN bersama mitra kerja dan stakeholder terkait akan terus bersinergi dalam melaksanakan tugas mulia dari Kementerian ESDM yakni program BPBL," pungkas Edi.

LihatTutupKomentar