Natal Tinggal Menghitung Hari, PLN Nyatakan Siaga Kelistrikan Nasional

  • Selama perayaan Natal dan Tahun Baru, kebutuhan listrik masyarakat akan meningkat. Untuk itu, PLN menerapkan Masa Siaga Kelistrikan Nasional.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) memastikan keandalan pasokan listrik secara nasional tetap terjaga selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Maka, pada 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024, PLN memberlakukan masa siaga Nataru.


Selama masa siaga tersebut. PLN menyiagakan sebanyak 80.233 personil di 2.571 posko yang tersebar di seluruh Indonesia. PLN juga menyiagakan 130 tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) dengan jumlah 1.040 personil yang tersebar di setiap posko.


”PLN telah memajukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan sebelum masa siaga Nataru, untuk memastikan saat perayaan Natal dan tahun baru tidak ada pemeliharaan, sehingga pasokan listrik akan terus andal,” kata Darmawan.

Sebelumnya, upaya-upaya preventif telah dilakukan dari hulu hingga hilir, mulai dari kesiapan energi primer untuk pembangkit, keandalan pembangkit hingga jaringan transmisi dan distribusi agar pasokan listrik terus andal.


“Dalam memastikan kondisi energi primer, pembangkit, transmisi, dan distribusi aman, kami telah melakukan berbagai assessment, inspeksi, monitoring hingga simulasi untuk memastikan kesiapan keandalan listrik dari hulu ke hilir,” imbuhnya.

Darmawan menambahkan, PLN telah melakukan kordinasi dengan stakeholders terkait untuk mengamankan pasokan listrik di titik-titik prioritas selama perayaan Natal dan Tahun Baru.


“Terutama di tempat-tempat ibadah dan lokasi-lokasi prioritas lainnya seperti pusat transportasi, pusat kesehatan, hingga pusat keramaian terjamin keandalannya,” pungkas Darmawan.

LihatTutupKomentar