Apel Siaga Kelistrikan 2024: PLN Pastikan Kesiapan Sistem Transmisi Jawa Timur dan Bali Jelang Natal dan Tahun Baru


Krian, Suarajatim.com - Apel siaga kelistrikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 diselenggarakan secara serentak pada Rabu (20/12) di seluruh Indonesia. Acara ini diikuti oleh semua Unit Induk di bawah pengawasan Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo.

Dalam upaya menjaga kontinuitas dan keandalan sistem kelistrikan di Tegangan Tinggi (TT), Tegangan Ekstra Tinggi (TET), serta Gardu Induk (GI) di wilayah Jawa Timur hingga Pulau Bali, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Amiruddin, memimpin laporan kesiapan sistem transmisi di wilayah tersebut.

"Sebanyak 1536 personel telah disiagakan di Posko Siaga, termasuk di Kantor Induk, 6 Unit Pelaksana Transmisi (UPT), 15 Unit Layanan Transmisi, dan Gardu Induk sebanyak 157 unit. Selain itu, peralatan dan kendaraan pendukung juga telah disiapkan," ungkap Amiruddin dalam laporannya dari GITET 500kV Krian.

Amiruddin juga menyampaikan bahwa sistem transmisi di UIT JBM berada dalam kondisi normal, dengan total kapasitas trafo daya mencapai 28.934 MVA dan jalur transmisi sepanjang 8281,66 KMS.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengapresiasi laporan tersebut dan memberikan semangat kepada seluruh personel yang bertugas selama periode siaga, yang berlangsung mulai 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

"Terima kasih atas kesiagaannya, terus jaga kesiapan karena menjadi unit yang sangat penting dalam menjaga keandalan sistem transmisi, juga sebagai penyuplai evakuasi daya yang cukup besar untuk Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat yang mendapatkan pasokan dari Jawa Timur," tutup Darmawan.

LihatTutupKomentar