Unggul di Asia, PLN Harumkan Nama Indonesia di Enlit Asia Power & Energy Awards 2023

  • PLN berhasil mengungguli perusahaan energi se-Asia lewat raihan 5 penghargaan bergengsi dari Enlit Asia.

Tangerang, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) memborong 5 penghargaan di Enlit Asia Power & Energy Awards 2023  pada Selasa (14/11). 


Adapun penghargaan yang diperoleh antaranya: Male Executive of the Year untuk Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.


Kesuksesan tersebut membawa PLN mengungguli perusahaan kelistrikan dan energi se-Asia. Di mana dari 12 kategori yang diadakan, 5 penghargaan atau nyaris setengahnya jatuh ke tangan PLN.

Semua penghargaan itu dinilai pantas ditujukan untuk PLN berkat capaian-capaiannya selama 3 tahun terakhir. Bagaimana tidak, di dalam tubuh PLN telah dilakukan perombakan besar-besaran melalui tranformasi digital. Langkah ini dinilai efektif membuat bisnis PLN jadi lebih ringkas dan meningkatkan pelayanan pelanggan.


Tak hanya itu, kini PLN juga tengah mengerjakan proyek percepatan transisi energi di Indonesia dari semula menggunakan fosil menjadi Energi Baru Terbarukan (EBT).


"Di Enlit Asia, kami bertujuan untuk mendorong kolaborasi yang lebih besar di seluruh industri dengan menghubungkan dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pada sektor energi di Asia. Mulai dari regulator, penyedia teknologi hingga konsumen energi sehingga menghadirkan perspektif internasional dalam satu platform untuk mengambil tindakan menuju masa depan energi berkelanjutan di Asia," terang Simon Hoare, Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia, selaku penyelenggara acara.


Simon juga menjelaskan bahwa ajang tersebut dibuat sebagai bentuk pengakuan terhadap para pihak yang berkomitmen penuh melakukan transisi energi di kawasan Asia.  


Penilaian dilakukan oleh 34 dewan juri yang berlatar belakang sebagai profesional, pakar serta akademisi lintas negara.


"Penghargaan ini menjadi tolok ukur sekaligus pengakuan kepada masyarakat dan dunia usaha yang telah melampaui batas dalam mendorong kemajuan sektor ketenagalistrikan dan energi di Asia," jelas Simon.


Sebagai informasi, dua tahun sebelumnya, penghargaan Power Energy Awards didominasi oleh Tenaga National Berhad (TNB) asal Malaysia, SP Group asal Singapura dan Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT) asal Thailand. 


Namun di tahun ini, PLN tampil sebagai unggulan. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyabet gelar Male Executive of the Year melampaui nominasi eksekutif dari perusahaan lainnya, seperti Korea Southern Power (KOSPO) asal Korea Selatan, dan HDF Energy asal Prancis.


Sedangkan pada kategori Power Utility, PLN mengalahkan Bakun Hydro Power Generation asal Malaysia, Ho Chi Minh Power Corporation asal Vietnam, SP Group asal Singapura, dan Tenaga Nasional Berhad asal Malaysia.  


Darmawan mengucapkan terima kasih atas penghargaan dari Enlit Asia. Menurutnya, penghargaan ini tak terlepas dari kerja keras 60.000 karyawan dalam melakukan tranformasi PLN di tiga tahun terakhir. 


“Penghargaan ini diberikan kepada 60.000 insan PLN yang bekerja keras untuk dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujar Darmawan.

LihatTutupKomentar