PLN Panen Penghargaan di Enlit Asia Power Energy Awards 2023

  • Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mendapat penghargaan di ajang Enlit Asia Power Energy Awards 2023 sebagai Male Executive Of The Year. Tak hanya itu, di saat yang sama PLN juga meraih empat penghargaan sekaligus.

Jakarta, 15 November 2023 - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, meraih gelar "Male Executive of the Year" dari Enlit Asia. Melalui ajang Power Energy Awards 2023 pada Selasa (14/11), Darmawan memperoleh penghargaan atas kerja kerasnya melakukan transformasi digital di tubuh PLN dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia.


Selain direkturnya, PLN juga diganjar dengan empat penghargaan sekaligus, yakni: Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Simon Hoare, Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia, selaku penyelenggara acara penghargaan ini, mengatakan bahwa ajang ini adalah salah satu tonggak sejarah untuk memperkuat kolaborasi di sektor ketenagalistrikan. Sebagaimana diketahui, proses transisi energi memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak.


“Ini pertama kali agenda Enlit Asia untuk sektor ketenagalistrikan dan energi diselenggarakan di Indonesia. Acara ini adalah tonggak penting dalam mengubah ketersebaran menjadi kolaborasi yang kohesif di antara kita semua,” ujar Simon.


Menurut Darmawan Prasodjo, semua penghargaan yang diperoleh PLN adalah buah dari transformasi untuk menjawab tantangan global saat ini. Di mana PLN telah melakukan digitalisasi di berbagai lini, dari pembangkit, transmisi, pengadaan, hingga pelayanan pelanggan.


"Saat ini, semuanya telah terintegrasi secara digital. Dulu, semua proses bisnis terfragmentasi, saat ini PLN jauh lebih kuat dan efisien. Sehingga kami bisa memberikan layanan pelanggan jauh lebih baik," ujar Darmawan.


Salah satu masterpiece di bawah kepemimpinan Darmawan, adalah hadirnya SuperApp PLN Mobile. Aplikasi ini mampu menyederhanakan proses bisnis PLN hingga bisa diakses dengan sangat mudah dan cepat oleh pelanggan. PLN Mobile telah diunduh oleh 45 juta masyarakat.


“Saat saya cek 4 tahun yang lalu, aplikasi PLN mobile ratingnya 2,5, downloader -nya setengah juta dan 450.000 meng- uninstall aplikasinya. Kini, aplikasi PLN Mobile telah diunduh 45 juta masyarakat, ratingnya menunjukkan peningkatan dari 2,5 menjadi 4,9,” ujarnya.

Dengan rendah hati Darmawan mengungkapkan bahwa kemajuan yang dicapai oleh PLN bukanlah karena kekuatannya sendiri, melainkan atas kerja bersama 60 ribu pegawai dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perusahaan terhadap masyarakat.


“Penghargaan ini didedikasikan kepada 60 ribu pegawai PLN yang bekerja keras untuk memastikan tidak hanya PLN menjadi lebih kuat namun juga bagaimana kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujar Darmawan.


Darmawan menambahkan, berkat transformasi tersebut, PLN mampu bertahan di tengah gempuran Covid-19. Bahkan, PLN mencetak kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah selama dua tahun berturut-turut.


“Selama masa Pandemi Covid–19, kami juga berhasil membukukan laporan keuangan terbaik dalam sejarah PLN selama dua tahun berturut-turut,” pungkasnya.

LihatTutupKomentar