PLN Dapat Apresiasi dari Banyak Pihak Atas Kesuksesan MotoGP Mandalika 2023

  • Pemerintah mengapresiasi kinerja PLN dalam memberi pelayanan listrik yang baik selama gelaran MotoGP Mandalika 2023.

Mataram, Otojatim.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengapresiasi kinerja PT PLN (Persero) yang dinilai telah berhasil menghadirkan layanan listrik yang andal selama gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023.


“Kepada rekan-rekan PLN, tetap semangat, terima kasih kerja kerasnya di MotoGP Mandalika,” ucap Erick.


Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga memberikan apresiasi yang sama pada PLN.


“Kelistrikan PLN terbaik. Alhamdulillah tidak ada gangguan selama pelaksanaan. Ini berkat kerja keras yang luar biasa. Terima kasih, PLN,” papar Sandiaga.

Ucapan senada juga disampaikan oleh Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi. Ia mengapresiasi peran utama PLN dalam menghadirkan listrik andal sehingga perhelatan MotoGP Mandalika dapat sukses dilaksanakan. 


“Atas nama Pemerintah Provinsi NTB kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas PLN yang telah menjadi garda terdepan dan memberikan dukungan luar biasa," kata pria yang akrab disapa Miq Gita itu.


Menurut Miq Gita, kolaborasi ini dibutuhkan untuk mendukung NTB menjadi destinasi sport tourism di masa mendatang sehingga mengangkat kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan daerah, dan kemudahan berinvestasi di NTB.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan MotoGP adalah wujud komitmen PLN dalam mendukung seluruh event internasional yang dihelat di Indonesia. Dari jauh hari PLN telah mempersiapkan keandalan pasokan listrik, mulai dari kesiapan pembangkit, transmisi, distribusi, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), hingga kesiapan personel.


“Kami sangat bangga bisa berpartisipasi menyukseskan gelaran MotoGP untuk kali keduanya di Indonesia dengan listrik yang andal dan tanpa kedip,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo menjelaskan bahwa gelaran MotoGP tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya. Di mana kondisi cuaca begitu terik dan panas sehingg beban pemakaian listrik menjadi sangat fluktuatif. 


“Karena cuaca cukup ekstrem, peralatan-peralatan tim pembalap melakukan pengkondisian suhu, sehingga kebutuhan listriknya sangat fluktuatif. Kami bersyukur, dengan pengalaman kami pada beberapa event balap internasional yang sudah digelar semua tantangan bisa ditangani dengan baik,” ucap Sudjarwo.


Sudjarwo mengungkapkan realisasi pemakaian beban tertinggi pada pelaksanaan MotoGP tahun 2023 adalah sebesar 2.403 kiloWatt (kW), atau naik 22 persen dari tahun sebelumnya. 


"Kami sangat gembira dapat berkontribusi dalam kesuksesan ajang MotoGP Mandalika 2023 ini. PLN telah bekerja keras untuk memastikan bahwa pasokan listrik di area sirkuit dapat berjalan dengan sempurna dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Kelistrikan sirkuit Mandalika telah sukses kami amankan hingga berakhirnya race di hari ketiga," pungkas Sudjarwo.

LihatTutupKomentar