Menilik Instalasi Panel Surya SUN Energy di Pabrik Wismilak, Hasilkan 174,5 Megawatt Hour

PLTS Wismilak Sun Energy

Surabaya, Suarajatim.com - Dalam upaya mewujudkan Industri Hijau, Wismilak Group bekerja sama dengan anak usahanya, PT Gelora Djaja, telah memulai inisiatif pemanfaatan sistem energi surya sebagai sumber energi alternatif. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak lingkungan dari proses produksi perusahaan.

Instalasi sistem energi surya oleh Wismilak Group dilakukan bersama dengan SUN Energy, perusahaan pengembang energi surya yang telah berhasil mengelola sistem energi surya pada lebih dari 35 jenis industri di Indonesia.
PLTS Sun Energy

"Melalui road map program keberlanjutan Wismilak, tahun ini menjadi salah satu tonggak penting karena Grup Wismilak secara resmi telah menggunakan energi surya sebagai sumber energi ramah lingkungan untuk proses produksi di fasilitas manufaktur kami. Kami mendukung pemerintah dalam transisi energi untuk mencapai target bauran energi terbarukan," kata Tikto Priharnomo, Factory Manager PT Gelora Djaja.

Sistem energi surya yang diimplementasikan oleh Wismilak Group di lokasi pabrik PT Gelora Djaja diperkirakan akan menghasilkan energi listrik sebesar 174,5 MWh per tahun. Hal ini sekaligus membantu mengurangi emisi karbon sekitar 150 ton per tahunnya, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas.

SUN Energy mengapresiasi atas langkah keberlanjutan yang diambil oleh Wismilak Group. "Kami mengapresiasi komitmen keberlanjutan Grup Wismilak bersama dengan SUN Energy untuk menginstalasi dan mengelola sistem energi surya sebagai bagian dari implementasi proses produksi ramah lingkungan," kata Dion Jefferson, Deputy CEO SUN Energy.

Industri manufaktur merupakan salah satu pengguna energi terbesar di Indonesia, setelah sektor transportasi. Oleh karena itu, penggunaan energi berbasis energi fosil yang menunjang operasional menjadi isu penting yang perlu diatasi oleh para pelaku industri.
Panel Surya Wismilak

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian mendorong implementasi Industri Hijau yang menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan, termasuk penggunaan sumber daya energi yang lebih efisien, demi meningkatkan daya saing dan mengurangi dampak perubahan iklim akibat proses produksi.

Dengan demikian, langkah-langkah keberlanjutan yang diambil oleh Wismilak Group dan upaya pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi alternatif menjadi contoh positif bagi industri di Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan melindungi lingkungan. Semakin banyak perusahaan yang mengadopsi prinsip-prinsip berkelanjutan, semakin besar pula kontribusi mereka dalam mengurangi dampak perubahan iklim yang semakin terasa.

Sistem PLTS PT Gelora Djaja (Wismilak Group), Surabaya
  • Estimasi Energi dihasilkan: 174,5 MWh per tahun
  • Estimasi Reduksi Emisi Karbon: 150 Ton per tahun
  • Estimasi Pohon tertanam: 4.646 pohon selama 10 tahun


Spesifikasi Teknis:
  • Jumlah Solar PV 230 Pcs
  • Luas Solar PV terpasang 460 m2
  • Inverter terpasang 2 unit @50 kw total 100 kw AC 
LihatTutupKomentar