Waspada terhadap Penipuan Berkedok Layanan PLN

penipuan PLN

Suarajatim.com - PT PLN (Persero) telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang menggunakan nama PLN. Hal ini dilakukan guna menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PLN menyediakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile.

Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, mengungkapkan bahwa beberapa waktu belakangan ini, kasus penipuan yang menggunakan berbagai cara telah semakin marak terjadi.

Modus penipuan ini antara lain melibatkan unduhan aplikasi tertentu, penawaran survei berhadiah, hingga layanan palsu yang mengaku sebagai petugas PLN yang mengunjungi rumah pelanggan dan meminta pembayaran di luar ketentuan.

"Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap tawaran-tawaran yang mengatasnamakan PLN dan meminta pembayaran atau biaya tertentu," tegas Gregorius.

Dia menegaskan bahwa PLN tidak pernah memungut biaya layanan selain dari yang telah tertera dalam aplikasi. Seluruh transaksi pembayaran saat ini dilakukan secara terpusat melalui sistem digital, yakni Payment Point Online Bank (PPOB).

Dalam modus terbaru, pihak tertentu mengklaim sebagai petugas PLN dan mengirim bukti pergantian nomor ID pelanggan kepada pelanggan, yang kemudian diikuti dengan permintaan pembayaran. PLN memastikan bahwa pihak tersebut bukan merupakan bagian dari PLN.

"Semua keluhan dan kebutuhan pelanggan dapat diatasi melalui aplikasi PLN Mobile dengan menggunakan nomor registrasi yang sesuai dengan jenis layanan kelistrikan yang diminta oleh pelanggan," terang Gregorius.

Dia menambahkan bahwa PLN juga tidak menyediakan layanan door-to-door seperti penggantian kWh meter, penjualan kotak kWh meter, atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

"Petugas PLN tidak memungut biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran dilakukan melalui sistem PPOB, dan tidak ada pembayaran yang dilakukan di rumah pelanggan," tambahnya.

Untuk mencegah terjadinya penipuan, Gregorius menghimbau masyarakat agar selalu memperhatikan atribut-atribut resmi yang dimiliki oleh petugas PLN. Menurutnya, petugas PLN selalu membawa surat tugas, mengenakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD), serta seragam kerja saat sedang bertugas.

Dia juga menyarankan jika ada oknum yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung di tempat, masyarakat sebaiknya segera melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari upaya penipuan yang merugikan.

LihatTutupKomentar