PLN UIT JBM Rutin Lakukan Pemeliharaan Listrik di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali

  • Demi memastikan keandalan Supply Listrik Bandara Internasional Ngurah Rai dan pelanggan VIP, PLN UIT JBM secara rutin melakukan pemeliharaan jalur SKTT.

Bali, Suarajatim.com - Bali selain sebagai destinasi wisata, juga menjadi lokasi yang sering digunakan untuk penyelenggaraan event domestik bahkan internasional. Untuk itu, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) secara rutin melakukan pemeliharaan listrik pada Bandara Ngurah Rai Bali.


General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan menyampaikan bahwa pemeliharaan rutin dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan melalui hasil pengujian rutin Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT).


“Kebutuhan pasokan listrik untuk Bandara Ngurah Rai disalurkan melalui SKTT 150 kV yang di tanam pada tanah GIS Bandara. Agar peralatan berfungsi optimal, dilakukan pemeliharaan rutin, seperti halnya pemeliharaan rutin 3 bulanan pada beberapa titik SKTT 150KV Pesanggaran-Bandara pada pekan awal Agustus lalu”, ungkap Didik.

Menurut Didik, pemeliharaan SKTT 150 kV juga merupakan bentuk pelayanan PLN pada pelanggan, khususnya Pelanggan VIP.


“Untuk memastikan kondisi peralatan berfungsi optimal pada SKTT 150 kV GIS Bandara-GIS Pecatu dan GIS Pecatu-Nusa Dua, karena juga memasok kebutuhan listrik pelanggan VIP Eksekutif Aerofood ACS dan wisata-wisata serta perhotelan," paparnya.

Pada setiap pekerjaan pemeliharaan, PLN melakukan pengecekan peralatan sesuai SOP, seperti yang dilakukan pada pemeliharaan SKTT. Urutannya mulai dari Pengecekan Source Voltage Limited (SVL) dan Screen Cable, Uji ketahanan Isolasi, Arus Bocor, dan Kapasitansi yang berguna untuk pengecekan titik lokasi SKTT apabila terjadi gangguan.


“Pemeliharaan rutin yang dilakukan PLN, adalah wujud nyata PLN dalam mendukung pergerakan perekonomian dan pariwisata Bali," pungkas Didik.

LihatTutupKomentar