Jasa Raharja dan Jasa Marga Gelar Edukasi Safety Riding Kepada 2.500 Milenial

  • Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja digelar sebagai bentuk kolaborasi antar BUMN dalam menumbuhkan budaya aman berlalu lintas bagi anak muda.

Bandung, Suarajatim.com – Jasa Raharja berkolaborasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), pada Sabtu (5/8/2023).


Acara bertajuk “Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja” itu merupakan implementasi dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari kedua perusahaan tersebut.


Turut hadir, Menteri BUMN RI Erick Thohir, didampingi Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, dan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur. 


Sekitar 2.500 peserta yang terdiri dari murid SMA, SMK dan SLB dari 25 sekolah di Kota Bandung dan Kota Cimahi, serta Milenial Jasa Marga dan Jasa Raharja, mendapat ilmu baru seputar keamanan dan keselamatan berkendara.


Erick Thohir mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah langkah strategis dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas.


"Selama tahun 2022, tercatat jumlah kecelakaan kurang lebih sebanyak 137.000 kasus yang didominasi oleh anak muda. Ini tentu menjadi perhatian kita agar generasi muda Indonesia lebih bijak dalam berkendara, hal ini penting agar dapat meminimalisir kecelakaan di jalan raya. Sehingga mereka bisa terus berkontribusi positif untuk Indonesia," kata Erick.


Menurut Erick, program ini juga bermanfaat untuk memperkuat kolaborasi antar BUMN sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk rakyat Indonesia. 


“Kegiatan ini adalah bentuk sinergi antar perusahaan BUMN dalam mengimplementasikan tata nilai AKHLAK yaitu nilai Kolaborasi,” papar Erick.


Agenda Safety Riding ini juga merupakan langkah Jasa Raharja dan Jasa Marga dalam mencapai target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban. 


Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono menyampaikan, bahwa edukasi keselamatan berlalu lintas bagi Gen Z harus dilakukan secara rutin agar tumbuh budaya berlalu lintas yang baik.


"Saat ini kecelakaan lalu lintas didominasi oleh usia antara 6-25 tahun. Ini tanggung jawab kita bersama untuk mengutamakan keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi peraturan yang ada," ujar Rivan.


Lebih lanjut Rivan menyampaikan bahwa dalam hal keselamatan berkendara, Jasa Raharja telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan pihak terkait lainnya. 


Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur. Ia mengatakan bahwa Jasa Marga dan Jasa Raharja akan menyelenggarakan program Safety Riding di daerah-daerah lain, seperti Lampung, Medan, dan Surabaya.


“Ilmu dan tata cara berkendara yang aman dan berkeselamatan yang didapatkan oleh peserta tidak hanya berguna untuk diri mereka sendiri, tapi juga bisa disebarluaskan ke lingkungan sekitarnya,” kata Subakti.


Dalam mewujudkan program TJSL, Jasa Raharja dan Jasa Marga didukung oleh BUMN lainnya, seperti: PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Perum DAMRI, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), PT Pos Indonesia (Persero).


Sejumlah bintang tamu juga hadir di acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja ini, diantaranya Komika Yono Bakrie dan Pemain Sinetron “Preman Pensiun” Fajar Khuto, serta penyanyi Ghea Indrawari.

LihatTutupKomentar