Jamin Listrik Andal, PLN Bersihkan 1.188 Keping Isolator di SUTT 150 kV Waru–Buduran–Sidoarjo

  • Demi menjaga suplai listrik Surabaya–Sidoarjo agar selalu dalam kondisi prima, PLN bersihkan 1.188 keping isolator pada jaringan SUTT 150 kV Waru–Buduran–Sidoarjo.

Sidoarjo, Suarajatim.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), khususnya Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya, melakukan pembersihan isolator kotor jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 KV.


Didik Fauzi Dakhlan, General Manager PLN UIT JBM, mengungkapkan bahwa perawatan rutin ini dilakukan guna memastikan material berfungsi optimal sehingga keandalan listrik terus terjaga.


“UPT Surabaya berhasil membersihkan kurang lebih 1.188 keping isolator pada 10 tower jaringan SUTT 150 kV Waru–Buduran–Sidoarjo. Pembersihan ini merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan PLN untuk memastikan material transmisi dapat berfungsi optimal di tengah cuaca yang ada," terang Didik.


Lebih lanjut Didik mengatakan pembersihan isolator pada T.252C–T.262A dilakukan karena lokasi tower berada di lokasi industri. 


“Pekerjaan pembersihan ini termasuk pekerjaan yang terencana, sehingga meski akhir pekan, pekerjaan tetap dilakukan sebagai bentuk nyata komitmen PLN dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan, agar suplai listrik ke pelanggan tetap terjaga”, tutur Didik.

Aktivitas pemeliharaan berjan selama 2 hari. Dilakukan oleh Tim Pemeliharaan Jaringan ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Surabaya Selatan berkolaborasi dengan Tim Jaringan dan Gardu Induk di Sidoarjo. 


Pengerjaan dilakukan dengan kondisi padam baik pada Gardu Induk dan juga jaringan transmisi, tetapi tidak mempengaruhi suplai listrik ke seluruh pelanggan di akhir pekan.  


Sebagai informasi, SUTT 150 kV Waru–Buduran–Sidoarjo mensuplai listrik untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

LihatTutupKomentar