Ratusan Pegawai PLN Jadi Voluntir Bersihkan 1,5 Ton Sampah di Jatim dan Bali

  • Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, ratusan pegawai PLN lakukan aksi bersih-bersih di Sungai dan Pantai Jawa Timur dan Bali. PLN juga memberikan bantuan untuk melengkapi infrastruktur di beberapa fasilitas umum.

Suarajatim.com - Dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang jatuh pada 5 Juni lalu, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) mengerahkan kurang lebih 400 orang relawan pegawai dalam aksi bersih - bersih.


Acara digelar di 2 lokasi Unit Pelaksana Transmisi (UPT) yakni UPT Malang dan UPT Bali. Para relawan yang bertugas di UPT Malang membersihkan jalur Sungai Metro di wilayah Pakisaji, sementara peserta UPT Bali melakukan pembersihan di kawasan Pantai sekitar Pura di Desa Gumbrih, Jembrana.


Kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu (10/6) tersebut merupakan komitmen PLN  dalam memberikan dukungan penuh terhadap edukasi pelestarian lingkungan di masyarakat.


"Pegawai berkontribusi penuh sebagai voluntir aksi bersih-bersih dan penanaman pohon, juga PLN bersinergi dengan stakeholder di masing-masing wilayah untuk turut berperan serta," kata General Manager UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan.


Didik juga mengungkapkan bahwa aksi bersih-bersih tersebut berhasil mengumpulkan sampah total lebih dari 1,5 Ton. 


“Selama kurang dari 2,5 jam, peserta di Malang berhasil bersihkan Sungai Metro dengan mengumpulkan 978,9 kg sampah yang dominasinya 70% sampah plastik, sisanya kain dan benda lainnya. Sementara di kawasan pantai Desa Gumbrih, sampah yang dibersihkan sebanyak 435 Kg. Semoga ke depannya dengan edukasi yang diberikan kepada warga sebelum aksi bersih-bersih ini dimulai, warga juga ikut berperan untuk menjaga kebersihannya," terang Didik.


Selain bersih-bersih, PLN juga memberikan bantuan ke beberapa fasilitas umum untuk selanjutnya dimanfaatkan warga. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan sebagai program rutin tahunan.


“PLN memberikan bantuan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan tematik tahun 2023. Di Malang bantuan yang diberikan berupa pembangunan Tandon Air sebagai infrastruktur air bersih untuk kebutuhan primer masyrakat Desa Pakisaji. Dan di Bali, penyerahan bantuan berupa penanggulangan abrasi di sekitar Pura Luhur Kelod Desa Gumbrih," ungkapnya.


Warga menyambut baik kegiatan sosial yang dilakukan PLN tersebut. Mereka juga turut aktif membantu pada masing-masing wilayah.


"Sinergi ini perlu dilakukan terus menerus sehingga bisa menjadikan lingkungan semakin baik kedepannya, agar dikemudian hari kita tidak lagi mengenal adanya banjir, penumpukan sampah dan kita dapat membangun jiwa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Dengan tanggung jawab bersama kita bisa mewujudkan lingkungan yang baik," kata Wakil Bupati Malang, Drs H Didik Gatot Subroto SH MH.


“Terimakasih atas kegiatan bersih-bersih dari teman-teman PLN UPT Bali hari ini untuk kebersihan lingkungan pantai kami dan juga bantuan untuk penanggulangan abrasi di sekitar Pura kami, semoga program ini meningkatkan kepedulian masyarakat untuk tetap menjaga kebersihannya," ungka I Ketut Ari Yudistira selaku relawan dari Desa Gumbrih.

LihatTutupKomentar