PLN Dukung BUMDes Kediri Kembangkan Lokasi Wisata Sumber Banteng

  • PLN UIT JBM mendorong BUMDes Kediri kembangkan lokasi wisata Sumber Banteng dengan memberi tambahan sarana hiburan serta fasilitas dan ruang untuk pengembangan UMKM.

Kediri, Suarajatim.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Banteng Berkah, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, melakukan upaya untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam mengelola lingkungan pada lokasi wisata Sumber Banteng.


Gerakan ini dilakukan sesuai program Pemerintah, yakni Desa Berdaya. PLN memberikan dukungan penuh agar masyarakat mampu menggali potensi lebih dalam di bidang wisata, kesenian, UMKM, dan lainnya yang ada di wilayah mereka.


PLN memberikan sarana pendukung pariwisata berupa sepeda air dan perahu, tanaman untuk penghijauan, bibit ikan serta penambahan fasilitas dan ruang untuk UMKM di lokasi wisata.


Tak cukup sampai di situ, PLN juga memberikan pendampingan kepada BUMDes untuk dapat melakukan langkah publikasi lokasi wisata agar lebih berkembang.


General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan mengatakan bahwa langkah PLN dalam pengembangan lokasi wisata Sumber Banteng sejalan dengan prinsip Enviroment, Sustainability and Governance (ESG) dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar sehingga PLN bisa menerapkan Creating Share Value (CSV).


“PLN berusaha mewujudkan kepedulian atas tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan memberikan dukungan penuh dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga meningkatkan kegiatan ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama,” tutur Didik.


Secara sederhana, Didik menerangkan bahwa dengan berkembangnya lokasi wisata, para UMKM juga akan mendapatkan manfaat ekonomi untuk terus mengembangkan usahanya.


Melalui program kolaborasi PLN dengan BUMDes Sumber Banteng Berkah Kelurahan Tempurejo ini, PLN berharap lokasi wisata Sumber Banteng bisa semakin berkembang dan dikenal, sehingga mampu menciptakan peluang kerja baru dan manfaat lain bagi masyarakat sekitar.


“Semoga BUMDes dapat lebih produktif, jumlah kas bisa bertambah, dan tercipta banyak lapangan kerja. Dengan demikian, pembangunan yang berwawasan lingkungan, berkelanjutan sesuai prinsip Sustainable Development Goals akan terwujud. Selain itu warga sekitar juga semakin dekat dengan PLN,” pungkas Didik.


Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, juga memberi tanggapan positif. Menurutnya, kepedulian yang diberikan PLN untuk pengembangan lokasi wisata dan UMKM di sekitarnya, sangat bermanfaat bagi penggiat UMKM agar terus semangat menciptakan inovasi produk yang lebih baik lagi.


“Kami sangat berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang sangat bermanfaat bagi warga disekitar lokasi wisata Sumber Banteng, sehingga dapat terus mengembangkan kegiatan usaha bagi Bumdes Sumber Banteng Berkah Kelurahan Tempurejo," ungkapnya dalam sambutan saat penyerahan bantuan.


Acara yang disambut warga Tempurejo dengan sangat antusias itu ditutup dengan penanaman bibit pohon asem trengguli, tanaman khas kota Kediri sebagai simbol harapan agar lokasi Sumber Banteng terus tumbuh berkembang dan memiliki akar yang kokoh.

LihatTutupKomentar