Fordigi Goes to Campus Hadir di Unhas Makassar, Bawa Isu Transformasi Digital

  • Jasa Raharja dan Fordigi kembali gelar Fordigi Goes to Campus. Kali ini di Universitas Hasanuddin Makassar. Sejumlah kegiatan menarik dengan tema transformasi digital digelar untuk menambah kompetensi mahasiswa. 

Makassar, Suarajatim.com – Jasa Raharja dan Forum Digital (Fordigi) BUMN kembali mengadakan roadshow Fordigi Goes to Campus di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, pada Selasa (6/6/2023). 


“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia digital kepada mahasiswa sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja di era digital ini,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang, saat ditemui di sela acara.


Pembicara-pembicara yang ahli di bidang digital dan teknologi informasi dihadirkan untuk mengisi seminar, workshop, dan kompetisi digital. 


“Workshop-nya juga dilakukan fokus pada topik-topik seperti pengembangan aplikasi, pemasaran digital, dan manajemen media sosial,” tambah Munadi.


Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, menuturkan bahwa Jasa Raharja sebagai BUMN berkomitmen untuk turut serta dalam pembangunan sumber daya manusia yang unggul, termasuk di bidang digital.


"Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN untuk mendorong seluruh perseroan untuk go global," katanya.


Lebih lanjut Rivan menjelaskan bahwa Jasa Raharja dalam Fordigi Goes to Campus diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa di seluruh Indonesia.


"Kami ingin terus mendorong generasi muda Indonesia agar menjadi tenaga kerja yang siap menghadapi era digital yang semakin berkembang,” katanya.


Hal serupa juga dikatakan oleh Beatrix Santi Anugrah, Ketua Bidang IV Fordigi Ecosystem Development. Dirinya mengungkapkan bahwa Fordigi memiliki tugas yang krusial di era digital saat ini. Hal ini karena perlu melakukan akselerasi tranformasi digital dengan tidak hanya sekadar memahami, tapi juga perlu mendalami.


"Indonesia harus menjadi sumber pada proses digitalisasi yang ada di dunia, karena Indonesia memegang peranan yang sangatpenting," kata Beatrix.


Menurut Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, program Fordigi Goes to Campus juga melibatkan BUMN lain untuk mendorong para milenial agar aktif dalam kegiatan Corporate social responsibility (CSR).


"Semangat mereka bisa berkontribusi kepada lingkungan, kepada masyarakat. Dan ini hal yang menjadi karakteristik milenial yang kita dorong untuk dilakukan di BUMN menjadikan kantor-kantor BUMN menjadi lebih milenial friendly," ujar Tedi.


Pada Fordigi Goes to Campus Unhas juga digelar panel diskusi yang menghadirkan sejumlah narasumber kompeten seperti; Kepala Divisi Kelembagaan & Strategi Korporasi Jasa Raharja Radito Risangadi, IT Division Head PT Taspen Henrisa Yunan Lubis, dan Prof. Indrabayu, IT Expert yang juga merupakan dosen Unhas. 


Salah satu kegiatan Program Fordigi Goes to Campus adalah kompetisi hackaton, dimana mahasiswa diajak berinovasi melalui ide-ide digital guna memecahkan masalah di daerahnya yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas. Ide mahasiswa yang terpilih kemudian dibuat menjadi prototype dan diimplementasikan ke masyarakat.

LihatTutupKomentar