Pelepasan Mudik Gratis Bersama BUMN: Kolaborasi untuk Kemanusiaan dan Keselamatan

keberangkatan mudik gratis bersama bumn

Jakarta, Suarajatim.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan acara pelepasan lebih dari 48 ribu pemudik yang akan menggunakan moda transportasi bus dalam program Mudik Bersama BUMN 2023, (Selasa 18/4).


Acara pelepasan tersebut diadakan di Ringroad Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Flag off dilakukan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Wamen BUMN I Bapak Pahala Nugraha Manssury, Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, dan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, selaku Ketua Koordinator Mudik Bersama BUMN 2023.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Erick Thohir, memberikan penghargaan kepada seluruh BUMN yang turut serta dalam pelaksanaan Mudik Bersama BUMN 2023.

Menanggapi lonjakan jumlah pemudik pada tahun ini dari 86 juta pada tahun lalu menjadi 123 juta, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa hal tersebut harus menjadi perhatian kita semua.

"Program Mudik Bersama BUMN diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaksanakan mudik dengan lebih aman dan nyaman, serta mengurangi kepadatan penumpang di terminal-terminal bus. Semoga pelaksanaan mudik tahun ini dapat berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Erick juga mengimbau agar masyarakat dan petugas untuk tetap menjaga kesehatan. Menurutnya, program Mudik Bersama BUMN adalah salah satu langkah strategis untuk memitigasi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik. Ia berpendapat bahwa program ini dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.

Erick Thohir menjelaskan bahwa program mudik bersama BUMN bukan hanya sebagai upaya untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, tetapi juga sebagai implementasi dari bakti BUMN dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin mudik dengan aman dan nyaman serta dapat berkumpul bersama keluarga di hari yang istimewa," katanya.

Pada tahun ini, BUMN menyiapkan 78.017 kuota mudik dengan rincian 57.587 penumpang dengan 1.081 bus, 16.590 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 3.840 penumpang dengan 18 kapal laut.

Terdapat 82 perusahaan BUMN yang turut berpartisipasi dalam program Mudik Bersama BUMN 2023, di bawah koordinasi Jasa Raharja.

Pemberangkatan pemudik dengan kereta api telah dilakukan pada 15 dan 16 April, dan pada tanggal 18 April, lebih dari 57 ribu pemudik bus dilepas untuk menuju berbagai daerah di Indonesia.

Erick berharap, program Mudik Bersama BUMN tidak hanya bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas saat momen Lebaran, tetapi juga bisa meringankan beban ekonomi masyarakat pada masa jelang Idul Fitri.

"Kita berdoa agar semua pemudik dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan tidak kekurangan apapun. Erick juga menegaskan bahwa program ini akan terus ditingkatkan untuk bisa memfasilitasi lebih banyak lagi pemudik di masa depan," pungkasnya.

Sementara itu Rivan A. Purwantono, selaku Ketua Koordinator Mudik Bersama BUMN 2023 dan Direktur Utama Jasa Raharja, menyatakan bahwa program mudik bersama ini merupakan hasil kolaborasi dari 82 BUMN yang sejalan dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN dalam melayani masyarakat.

"Program ini merupakan bukti nyata dari kepedulian pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat yang ingin mudik dengan aman dan nyaman. Sebagai koordinator penyelenggaraan, Jasa Raharja mengucapkan terima kasih atas arahan dari Menteri BUMN, Erick Thohir, yang telah memastikan program ini berjalan lancar," katanya.

LihatTutupKomentar