Sale Pisang Barsah, UKM Binaan PLN Raup Untung Belasan Juta Lewat Aplikasi TikTok

  • Sale Pisang Barsah, salah satu UKM binaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) mengaku berhasil meraup untung belasan juta rupiah per bulannya berkat promosi di TikTok dan media sosial lainnya. 
  • Semakin berkembang, Sale Pisang Barsah ditargetkan akan mulai masuk toko retail dan bermain di sektor ekspor yang lebih luas. 

Probolinggo, Suarajatim.com - Sale Pisang Barsah, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) asal Desa Patemon Kecamatan Krejengan, Probolinggo, mengaku berhasil meraup untung belasan juta per bulan berkat pemasaran lewat media sosial TikTok.


Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2014 ini merupakan salah satu UKM binaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM). Beranggotakan 10 orang, Sale Pisang Barsah berhasil meraih kemajuan yang signifikan setelah ikut program PLN UIT JBM sejak pertengahan 2022 lalu.


“Tak hanya soal sistem kelistrikan, kami juga bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki masyarakat di sekitar aset kami. Salah satunya melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL). UKM Sale Pisang Barsah di Probolinggo adalah contoh hasil binaan kami. PLN akan terus mencari potensi yang bisa dikembangkan baik dari segi sosial, lingkungan, maupun ekonomi," kata General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan.

Ketua kelompok Sale Pisang Barsah, Wasilah, menjelaskan bahwa sale pisang tidak hanya dipasarkan melalui market place dan gerai pusat oleh-oleh, melainkan juga lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.


“Keuntungan setiap bulannya berkisar 15-20 juta dimana sekitar 75% keuntungan tersebut berasal dari pemasaran melalui TikTok. Untuk dalam negeri kami sudah memasarkan Sale Pisang kami di Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, hingga Kalimantan. Produk kami juga sudah sampai Singapura dan Jepang sebagai oleh-oleh. PLN sangat membantu mengembangkan usaha kami," jelas Wasilah.


Wasilah berharap ke depannya Sale Pisang Barsah dapat tersebar hingga mancanegara dan terus menambah tenaga kerja. Saat ini, pengikut akun TikTok @wasilahbarsah mencapai lebih dari 7000 followers.

“Kami harap produk ini dapat diekspor ke luar negeri agar bisa membanggakan Indonesia khususnya Kabupaten Probolinggo. Kami juga sedang mengupayakan agar Sale Pisang Barsah bisa masuk ke toko perbelanjaan seperti Indomaret mulai tahun depan,” lanjut Wasilah.


Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prohanjoko, menyatakan dukungannya pada pelaku UKM di Probolinggo. Ia berharap UKM terus maju dan semakin mandiri sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.


“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN atas perhatiannya kepada UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo, salah satunya Sale Pisang Barsah. Ini merupakan salah satu wujud kolaborasi yang amat baik antara Pemerintah Daerah dan Instansi untuk kemajuan masyarakat," ujar Timbul Prohanjoko.

LihatTutupKomentar