Sukses Jaga Keandalan Listrik Selama KTT G20, PLN: Kolaborasi Stakeholder Sangat Penting

  • Kesuksesan gelaran KTT G20 di Bali seminggu lalu tak lepas dari peran PLN dalam memastikan keandalan sistem kelistrikan. 
  • Kolaborasi dari stakeholer berperan penting. Tak terkecuali Kapolda dan Wakapolda Jawa Timur yang melakukan monitoring langsung pada posko-posko siaga PLN.

Suarajatim.com - Sepekan lalu, Indonesia berhasil menggelar presidensi KTT G20 di Bali. Kesuksesan ini tentu mengharumkan nama baik negeri ini di mata dunia. Lega sekaligus bangga juga turut dirasakan oleh PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM).


Kerja keras PLN selama tak kurang dari satu tahun berbuah manis dengan ketersediaan sistem kelistrikan yang andal selama KTT G20 berlangsung. Hal ini diungkapkan oleh General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan.


"Posko siaga kami tersebar di berbagai titik obvitnas dan dilakukan penjagaan ketat secara bergantian nonstop oleh personel yang terus terhubung antar posko sehingga kondisi sistem kelistrikan dapat dipantau secara real time," terang Didik.


Didik juga menjelaskan bahwa keberhasilan yang diraih PLN dalam menjaga keamanan sistem kelistrikan tak terlepas dari koordinasi intensif tanpa henti dengan stakeholder dari segala lapisan. "Salah satunya, di setiap Posko siaga, juga saat mobile ke lapangan, pengamanan nonstop 24 jam didampingi oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur. Ini adalah bukti keseriusan PLN dalam menjaga keamanan sistem transmisi selama acara berlangsung," kata Didik.


Hal ini tampak dari kunjungan yang dilakukan Kepolisian Daerah Jawa Timur dalam melakukan monitoring terhadap aktivitas anggotanya yang berada di posko penjagaan PLN sejak masa siaga dimulai.


Secara berurutan, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto, didampingi Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Pol Dekananto Eko Purwono, Dirpamobvit Polda Jatim, Kapolres Banyuwangi, dan Kapolres Situbondo mengunjungi posko 3 di Gardu Induk Banyuwangi, sekaligus menyapa seluruh anggota pengamanan dari berbagai posko siaga PLN.

Polda Jatim memberikan dukungan penuh pada seluruh upaya pengamanan yang dibutuhkan PLN. "Kami sudah menerima informasi kondisi di lapangan, dan sudah kami instruksikan kepada seluruh anggota yang harus terus mendampingi langkah PLN di lapangan," pungkas Irjen Pol Toni Harmanto, Kapolda Jawa Timur.


Anggota di seluruh posko siaga juga dimonitoring langsung oleh Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, untuk memastikan kondisi tetap kondusif dan aman.


Kolaborasi yang apik telah dilakukan PLN dengan seluruh stakeholder, sehingga berdampak pada kesuksesan penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Indonesia. Melalui keberhasilan ini, PLN menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dari seluruh lapisan stakeholder sehingga dapat bersama membawa nama baik Indonesia dimata dunia.

LihatTutupKomentar